covid19filantropi.id

1001 Cara Perangi COVID-19 ala NU CARE-LAZIS NU

Mulai dari membuka warung dahar gratis bagi rakyat kecil, menggalang dana dengan menjual kaus, hingga membantu para WNI di luar negeri yang terdampak COVID-19.

Berdayakan warung makan terdampak COVID-19

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (Lazis NU) Kota Pontianak bekerja sama dengan Bank Mega Syariah Pontianak berupaya memberdayakan warung makan-warung makan yang kehilangan pendapatan akibat wabah COVID-19. Antara lain dengan membuka  warung dahar gratis.

“Salah satu bisnis UMKM yang terlindas pandemi COVID-19 adalah warung makan kelas warteg yang biasa melayani makan rakyat kecil, mulai dari sopir angkot dan ojek, buruh pabrik, hingga pegawai kecil kantoran. Banyak warung makan terpaksa tutup karena merugi. Untuk memberdayakan kembali bisnis UMKM ini, sekaligus untuk memberi makan masyarakat kecil terdampak COVID-19, kami menyelenggarakan kegiatan warung dahar gratis,” ujar Ketua PCNU Kota Pontianak, Ahmad Faruki, pada 15 Mei 2020 lalu.

Dengan begitu, baik pemilik warung makan maupun masyarakat sama-sama terbantu. Kegiatan ini dilaksanakan empat hari berturut-turut pada 14 – 17 Mei 2020. 

“Program warung dahar gratis ini menyediakan 1.500 nasi kotak yang dibagikan kepada para penerima manfaat, yaitu masyarakat. Semoga kerja sama ini memberi manfaat luas di tengah wabah COVID-19,” kata Dewi Rieke Imaryanti, Branch Manager Bank Mega Syariah Pontianak.

Distribusi nasi kotak dari warung dahar gratis ini dilaksanakan oleh Lazisnu Kota Pontianak dengan  menggandeng MWC NU Kecamatan Pontianak Selatan Tenggara, MWC NU Kecamatan Pontianak Kota, MWC NU Kecamatan Pontianak Barat, MWC NU Kecamatan Pontianak Timur, MWC NU Kecamatan Pontianak Utara, LDNU Kota Pontianak, dan LPBINU Kota Pontianak. Pembagian nasi kotak kepada masyarakat diatur sesuai wilayah yang terdampak COVID-19.

Lazisnu Kota Pontianak juga memiliki program penerimaan dan penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah masyarakat muslim Kota Pontianak. 

Program warung dahar gratis juga diselenggarakan di sebelas titik di Karawang, Jawa Barat, dan diluncurkan pada 17 Juni 2020 di musala Nurul Amal, Jatirasa Timur, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat. Kali ini NU CARE-Lazisnu kembali bekerja sama dengan Bank Mega Syariah.

Menurut Ketua PCNU Karawang, KH. Ahmad Ruhiyat Hasby, terdapat 2.000 paket nasi yang akan dibagikan selama empat hari (14-17 Mei 2020). 

Ketua Lazisnu Karawang, H. Asep Abdullah Syafe’i, menerangkan, terdapat 11 titik Warung Dahar Gratis di beberapa kecamatan. Di antaranya di Telukjambe Barat, Karawang Barat, Klari, Cilamaya, dan Kotabaru. Program ini memberdayakan warung-warung makan di daerah sekitar untuk menyediakan makanan. “Kami membayar ke warung-warung tersebut sesuai dengan nilai jualnya,” jelas Asep.

Selain di Pontianak dan Karawang, program Warung Dahar Gratis juga diselenggarakan di 15 kota lain dari berbagai provinsi. 

Subbranch Bank Mega Syariah KCP Karawang, Burham Purbaya, menyampaikan, program ini merupakan agenda tahunan zakat korporasi Bank Mega Syariah, salah satu anak perusahaan CT Corp milik pengusaha Chairul Tanjung. Secara nasional, zakat korporasi yang disalurkan bernilai sekitar Rp1,6 miliar, yang disebarkan ke-40 kota di mana terdapat cabang Bank Mega Syariah.

“Selain membantu kebutuhan makan masyarakat kecil, kami juga berharap program ini dapat menghidupkan kembali usaha UMKM seperti warung makan,” ujar Burhan.

Bantu Bonek Suroboyo Jual Kaus 

Suporter kesebelasan Persebaya atau yang dikenal dengan Bonek Suroboyo  turut peduli dengan upaya tenaga medis menangani pasien COVID-19.

Bonek Suroyo unjuk kreativitas dengan menjalankan bisnis kaus T-shirt berdesain khas Bonek. Sebagian keuntungan penjualan didonasikan untuk memerangi pandemi COVID-19 melalui NU Care-Lazisnu Jawa Timur.

“Alhamdulilah, sampai saat ini kami telah berhasil menjual habis 250 pcs kaus ‘Bonek Wani Lawan COVID-19’. Dari satu kaus yang terjual, disumbangkan Rp10 ribu,” kata M. Rizal, salah seorang Koordinator Bonek Suroboyo, pada 4 Juni 2020 lalu.

Moch. Rofi’i Boenawi, Sekretaris NU Care LAZISNU Jawa Timur, menerima langsung hasil donasi dari penjualan kaus ‘Bonek Wani Lawan COVID-19’ di Posko Satgas Jatim Tanggap COVID-19 di Gedung PWNU Jawa Timur di Surabaya.

“Kami sangat mengapresiasi inisiasi  teman-teman Bonek Suroboyo yang ingin membantu tenaga medis, dan memilih NU Care LAZISNU Jawa Timur untuk menyalurkannya,” Rofi’i menjelaskan.

Bantu WNI Terdampak COVID-19 di Inggris

NUCare-Lazisnu United Kingdom (UK) yang dibentuk oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama United Kingdom (PCINU UK), berhasil menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah sebesar GBP4.739.03 (lebih dari Rp85 juta). Dana itu terkumpul selama tiga pekan pada bulan Ramadan tahun ini.

Rinciannya, anggaran dibagi-bagi untuk zakat fitrah sebesar GBP2.334, zakat maal GBP538.02, fidyah GBP495, infaq GBP482.01, sedekah iftar GBP15, dan sedekah sembako GBP875.

Dana yang terkumpul dialokasikan untuk membantu para WNI di London dan beberapa kota lain di Inggris Raya yang terdampak COVID-19. Termasuk untuk beberapa mahasiswa Indonesia yang beasiswanya tersendat akibat pandemi ini. 

Dana yang terkumpul disalurkan kepada 69 orang penerima zakat fitrah di UK (GBP2024), 17 orang penerima fidyah di UK (GBP450), 106 orang penerima zakat fitrah di Indonesia, 45 orang penerima fidyah di Indonesia, dan beberapa penerima zakat, sedekah, dan infaq di beberapa kota lain di Inggris.

“NU Care Lazisnu UK berkomitmen membantu para saudara kita, para WNI dan TKI di UK yang terdampak COVID-19. Sebagian dari mereka kehilangan pekerjaan dan akses dana, serta kesulitan bahan pangan,” ungkap Taufiq Widjanarko,  Direktur NU Care Lazisnu UK yang juga dosen di Nottingjam University, dalam keterangan tertulisnya pada 30 Mei 2020 lalu.

Untuk ke depannya, NUCare-Lazisnu akan mendorong program-program charity dan donasi untuk kemanusiaan. Karena, menurut Sekretaris NUCare Lazisnu UK, Siti Wahadi,  NUCare-Lazisnu berkomitmen mengampanyekan Islam yang ramah dan humanis di Inggris Raya.

Dalam beberapa bulan terakhir, NU Care-Lazisnu UK, PCINU UK, Muslimat UK, dan Gusdurian UK berkolaborasi dengan KBRI London serta instansi dan komunitas lain, untuk menjalankan program-program strategis yang bermanfaat untuk kemanusiaan, termasuk memerangi pandemi COVID-19.

Sumber:

https://m.medcom.id/internasional/eropa-amerika/GbmY083b-nucare-lazisnu-uk-salurkan-bantuan-untuk-wni-terdampak-covid-19

https://www-skor-id.cdn.ampproject.org/v/s/www.skor.id/bola-nasional/amp/sk-01339177/bonek-jalankan-bisnis-kaus-untuk-sumbang-apd-ke-tenaga-medis?amp_js_v=a3&amp_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15940881015906&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.skor.id%2Fbola-nasional%2Fsk-01339177%2Fbonek-jalankan-bisnis-kaus-untuk-sumbang-apd-ke-tenaga-medis

https://kalbar-antaranews-com.cdn.ampproject.org/v/s/kalbar.antaranews.com/amp/berita/418676/lazis-nu-pontianak-berdayakan-rumah-makan-terdampak-wabah-covid-19?amp_js_v=a3&amp_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15940893307487&amp_ct=1594089402912&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fkalbar.antaranews.com%2Fberita%2F418676%2Flazis-nu-pontianak-berdayakan-rumah-makan-terdampak-wabah-covid-19