covid19filantropi.id

Adaptasi Lomba Lari Virtual Sambil Berdonasi Sepanjang Pandemi COVID-19

Social distancing telah membuat pola lomba lari berubah menjadi virtual. Dalam aktivitas ini, para peserta akan berlari sendiri dengan ditempat yang diinginkan, dapat di dalam dan luar ruangan.

Setahun terakhir ini, virtual run telah menjadi sebuah hal yang umum bagi para pecinta olahraga lari. Tidak jarang lomba lari virtual ini juga bertujuan untuk mengumpulkan donasi. Penyelenggara virtual run dapat berasal dari berbagai lembaga baik lembaga filantropi, komunitas, pemerintah, perusahaan, dst.

Cita Sehat Foundation, NGO di bidang kesehatan berupaya membantu dalam penanganan pandemi COVID-19. Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar lari santai bertajuk ‘Virtual Run 4 Care’. Sebuah aktivitas olahraga sambil tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan lari virtual ini dilakukan peserta secara sendiri-sendiri di daerahnya masing-masing. Selama olahraga tersebut, mereka akan terhubung dengan aplikasi yang terpasang pada telepon seluler pintar.   “Jadi nanti ada aplikasi berbasis GPS untuk report ke kami setiap peserta larinya sejauh mana,” ujar Arif Taat Ujiyanto, Direktur Head Office Cita Sehat Foundation.

Uniknya, para peserta bisa memberikan donasi melalui aplikasi tersebut. Sumbangan yang diberikan akan disalurkan untuk membantu pengobatan masyarakat yang kurang mampu.

Sementara itu sebuah LAZ, Nurul Hayat juga melakukan hal yang serupa. Dalam rangka memperingati Milad yang ke 20 maka diselenggarakan Nurul Hayat Virtual Charity Run 2021 (NH VCR 2021). Dalam event tersebut peserta bisa lari kapan saja dan dimana saja sesuai jarak tempuh yang ditetapkan panitia. Periode lari virtual berlaku dari 20 Maret – 4 April 2021.

NH VCR ini didedikasikan kepada masyarakat yang peduli pada kesehatan dan pada sesama. Dari program ini, dana yang terkumpul akan dibagikan untuk para lansia terlantar.

Awal Januari 2021 yang lalu, CBN sebuah internet service provider meluncurkan CBN Virtual Run & Ride for Charity. Gelaran kompetisi ini menandai ulang tahun CBN yang ke-25.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 bulan ini telah menghasilkan donasi sebesar Rp 300.000.000, yang kemudian diserahkan kepada para penerima manfaat melalui platform crowdfunding Benihbaik.com.

Para peserta dapat memberikan donasi dengan cara berlari (maksimal 25 km) ataupun bersepeda (maksimal 75 km) di lokasi masing-masing yang selanjutnya dikonversi ke donasi oleh CBN. Kegiatan ini telah diikuti sebanayak 3.500 peserta dan mengumpulkan 94.662 km kategori lari dan 198.669 km kategori sepeda.

”Melalui kegiatan olahraga yang untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan imun di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dapat sekaligus beramal untuk anak-anak,” ungkap Dani Sumarsono, President Director CBN.

Sumber:

https://www.wartaekonomi.co.id/read321909/cita-sehat-foundations-catat-38-ribu-warga-terima-layanan-klinik-gratis-selama-pandemi?page=all

https://tekno.sindonews.com/read/375634/207/diikuti-3500-peserta-cbn-virtual-run-ride-kumpulkan-donasi-rp300-juta-1616637780