covid19filantropi.id

Dukungan Lippo Group untuk Pencapaian Target Sejuta Vaksin COVID-19 Per Hari

Saat ini Indonesia – dan seluruh dunia – sedang dalam peperangan dengan virus corona yang sudah merenggut nyawa jutaan orang dari berbagai negara. Salah satu “senjata” yang dimiliki adalah vaksin COVID-19 yang kini mulai didistribusikan ke kelompok-kelompok prioritas termasuk lansia. Agar semakin banyak penduduk Indonesia yang mendapatkan vaksin, diperlukan kerja sama antara pemerintah dan juga swasta. Lippo Group yang memiliki banyak rumah sakit dan mal di Indonesia pun turut membantu pemerintah untuk proses vaksinasi masyarakat umum.

Salah satu rumah sakit yang dipercayai melayani vaksin adalah Siloam Hospital TB Simatupang yang diberikan 2.035 vaksin untuk para lansia dengan KTP DKI Jakarta. “Siloam Hospitals merupakan rumah sakit swasta yang menjadi tolak ukur kegiatan vaksin ini bagi lansia. Saya lihat Siloam Hospitals memenuhi syarat dan kebutuhan layanan vaksin COVID-19 bagi lansia”, ujar dr Fify Mulyani, Kepala Bidang Kesehatan Mayarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Selain di rumah sakit, Lippo Group juga memiliki banyak pusat perbelanjaan atau mal yang tersebar di seluruh Indonesia. Menurut Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, ini adalah salah satu modal sosial yang dimiliki kelompok swasta untuk menjangkau masyarakat dalam hal vaksinasi. “Saya yakin target vaksinasi Covid-19 satu juta orang per hari bisa dicapai. Karena Indonesia memiliki social capital (modal sosial) yang kuat,” ujarnya.

Menkes bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR, Charles Honoris datang meninjau proses vaksinasi lansia di Lippo Mall Puri pada Selasa, 9 Maret 2021. Ditemani oleh CEO PT Lippo Karawaci, Tbk, John Riady, mereka mengungkapkan bahwa lokasi yang mudah dijangkau dan ruang yang luas menjadi kelebihan dari mal sebagai tempat penyelenggara vaksinasi masyarakat.

Lippo Mall Puri menyiapkan area yang mampu melayani 500 peserta vaksin dan akan ditingkatkan menjadi 1.000 peserta vaksin per hari sesuai kuota dari Kemenkes. Layanan tersebut pada Senin-Sabtu, pukul 10.00-16.00 WIB selama tiga bulan ke depan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

“Ini bisa jadi percontohan kerja sama yang baik antara swasta dan pemerintah. Saya berharap nantinya tidak hanya Lippo, tapi mal-mal lain juga bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk pelaksanaan vaksin,” ujar Charles.

Antusiasme masyarakat atas layanan vaksin ini juga cukup tinggi dengan banyaknya pendaftar yang masuk melalui situs resmi milik Kementerian Kesehatan RI yaitu dki.kemkes.go.id kemudian membuat appointment via aplikasi MySiloam.

“Kami senantiasa mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi di Indonesia, mulai dari pengadaan ragam tes COVID-19 di seluruh unit RS kami, peningkatan fasilitas dan kapasitas RS khusus COVID-19, serta bersama-sama mensukseskan program vaksinasi,” ucap Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady.

Sumber:

https://www.liputan6.com/news/read/4502282/komisi-ix-dorong-swasta-gotong-royong-bantu-vaksinasi-covid-19

https://republika.co.id/berita/qpk9m3349/siloam-dukung-program-percepatan-vaksinasi-covid-bagi-lansia

https://mediaindonesia.com/humaniora/389488/swasta-bantu-dukung-pencapaian-target-vaksinasi-covid-19