F.A.Q.

Apa itu filantropi?

Secara umum, filantropi didefinisikan sebagai aktivitas berbagi dukungan dan sumber daya dengan sukarela yang dilakukan secara terorganisir karena didorong cinta kasih kepada sesama untuk mengatasi masalah sosial kemanusiaan serta memajukan kepentingan umum.

Kata ‘filantropi’ juga sering diartikan sebagai berbagi sumber daya pribadi untuk kepentingan dan kemaslahatan bersama (sharing private resources for public benefit). Bentuk sumber dayanya bisa berupa uang, barang, ide atau pemikiran, tenaga, dan jaringan. Di Indonesia, kegiatan filantropi ini telah dilakukan sejak dulu melalui konsep gotong royong dan tolong menolong dalam membantu sesama.

Apa itu Perhimpunan Filantropi Indonesia?

Perhimpunan Filantropi Indonesia atau Filantropi Indonesia adalah lembaga nirlaba dan mandiri yang dimaksudkan untuk memajukan filantropi di Indonesia agar bisa berkontribusi dalam pencapaian keadilan sosial dan pembangunan berkelanjutan. Filantropi Indonesia dimaksudkan untuk memajukan kepentingan para pelaku filantropi, baik yang berasal dari sektor pemberi, pengelola/penyalur/perantara, maupun penerima bantuan, atas dasar prinsip kemitraan, kesetaraan, keberagaman, keadilan, universalitas filantropi, dan kebangsaan Indonesia.

Filantropi Indonesia BUKAN penyalur dana atau pemberi hibah, namun kami mendorong terciptanya lingkungan yang mendukung perkembangan sektor filantropi di Indonesia.

Apa itu Filantropi Tanggap COVID-19?

Filantropi Tanggap COVID-19 merupakan sebuah inisiatif yang lahir dari pertemuan antara Perhimpunan Filantropi Indonesia dengan para anggota dan mitra pada 2 April 2020. Pertemuan ini menghasilkan komitmen bersama untuk memperkuat koordinasi dan sinergi yang lebih efektif antar lembaga filantropi dan pemerintah, serta sektor lain dalam mendukung penanganan pandemi COVID-19 dan dampak sosialnya di Indonesia.

Mengapa website Filantropi Tanggap COVID-19 ini ada?

Melihat kebutuhan akan platform informasi dan koordinasi antar lembaga filantropi yang bekerja di lapangan untuk penanggulangan COVID-19, Filantropi Indonesia bekerja sama dengan anggota dan mitra membangun situs (website) daring yang dapat diakses publik. Situs daring ini, secara umum, berisi data dan perkembangan terakhir dari inisiatif-inisiatif filantropi untuk membantu pemerintah dan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia.

Kapan website Filantropi Tanggap COVID-19 aktif?

Website Filantropi Tanggap COVID-19 diluncurkan pada bulan Mei 2020.

Siapa pengelola website Filantropi Tanggap COVID-19?

Website Filantropi Tanggap COVID-19 dikelola oleh Perhimpunan Filantropi Indonesia dan bekerja sama dengan anggota dan mitra.

Bagaimana saya dapat berkontribusi di website Filantropi Tanggap COVID-19?

Kami membuka kesempatan kepada individu atau lembaga yang ingin mengunggah data kegiatan filantropi terkait penanganan COVID-19 di Indonesia maupun menyumbangkan ide, pemikiran, dan gagasan terkait filantropi dan pandemi COVID-19 di website Filantropi Tanggap COVID-19. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi info@covid19filantropi.id

Lihat Inisiatif

Lihat inisiatif filantropi dalam penanganan COVID-19 yang kami kumpulkan dan hasil kontribusi dari masyarakat.

Lihat

Unggah Inisiatif

Infokan inisiatif filantropi dalam penanganan COVID-19 yang telah atau sedang anda lakukan kepada kami.

Infokan