Home ยป FUP IndiHome, Cek Batas dan Sisanya

FUP IndiHome, Cek Batas dan Sisanya

Sebagai layanan internet yang paling populer, Indihome mempunyai batas pemakaian wajar atau yang lebih dikenal dengan istilah Fair Usage Police (FUP). Ketika FUP IndiHome sudah melebihi batas maka kecepatan internetnya akan menurun sampai dengan 60%.

Jadi, penting untuk tahu batas dan sisa dari IndiHome FUP agar kamu dapat menggunakan kecepatan internet seefektif mungkin.

Tentang FUP IndiHome

Cek FUP Indihome

FUP atau bisa disebut dengan fair usage police dia itu batas pemakaian wajar para pengguna yang diterapkan di paket internet unlimited di Indonesia.

Aku sendiri untuk menurunkan kecepatan atau layanan internet ketika para pengguna telah melewati batas pemakaian wajar yang telah ditentukan.

Setiap pelayanan internet service provider di Indonesia pasti memiliki kebijakan Fup yang bermacam-macam di dalam paket internet yang ditawarkannya. Tidak terkecuali dengan ISP Indihome.

Berdasarkan halaman resmi indihome, cara kerja dari Fair Usage Policy indihome sendiri yaitu dengan membatasi kecepatan internet yang telah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Ketika kamu sudah melewati batas penggunaan, maka kecepatan internet akan berkurang.

Indihome sendiri mempunyai dua batas FUP terkecuali pada paket internet IndiHome dengan kecepatan 100 Mbps. Jika sudah menggunakan batas pemakaian FUP pertama, maka kecepatan internet akan diturunkan sebesar 25%. Atau bisa di sebut, kecepatan internet maksimal FUP yang pertama hanya 75% saja.

Jika melewati FUP kedua maka kecepatan internet akan diturunkan 60%. Maka dari itu kecepatan maksimal internet FUP kedua hanya sebesar 40% saja.

Ketentuan Fair Usage Policy IndiHome ini berlaku untuk para pelanggan IndiHome dengan minimal kecepatan sebesar 10 mbps. Sedangkan jika dibawa kecepatan tersebut tidak akan dikenakan aturan FUP.

Daftar FUP Paket IndiHome

Di bawah ini ada beberapa daftar FUP paket IndiHome yang bisa kamu simak.

FUP IndiHome Sebesar 10 Mbps.

Untuk paket indihome 10 mbps, batas pemakaian wajar yang bisa kamu peroleh adalah 300 GB. Tetapi, jika pemakaian internet mencapai 300 GB, tentu saja kecepatannya akan diturunkan menjadi 75% atau 7,5 mbps.

Dan jika pemakaian sudah mencapai 400 GB maka kecepatan internet kamu akan diturunkan kembali menjadi 40% atau 4 mbps.

Atau bisa disebut pemakaian internet FUP 1 adalah 300 GB dengan kecepatan setelah FUP 7,5 mbps. Dan kecepatan FUP 2 sebesar 350 GB dengan kecepatan setelah FUP 3 mbps.

Fair Usage Policy IndiHome Sebesar 20 Mbps.

Paket internet IndiHome 20 mbps ini menawarkan kuota FUP yang tentunya lebih besar. Fair Usage Policy IndiHome 20 mbps yang pertama adalah sebesar 500GB, dengan kecepatan yang diturunkan sehingga menjadi 75%.

Dan untuk batas FUP Kedua, kecepatan internet akan diturunkan lagi menjadi 40% jika kamu sudah menyentuh pemakaian kuota sebesar 800 GB. Atau

Pemakaian internet FUP 1 sebesar 500 GB dengan kecepatan setelah FUP adalah 10 mbps. Sedangkan pemakaian fup2 sebesar 750 GB dengan kecepatan setelah FUP adalah sebesar 4 mbps.

Fair Usage Policy IndiHome Sebesar 30 Mbps.

Pada paket IndiHome 30 mbps ini juga memberikan dua batas FUP sekaligus, kecepatan internet akan diturunkan menjadi 22,5 mbps saat kamu sudah menyentuh pemakaian sebesar 700 GB.

Kecepatan internet juga akan diturunkan kembali menjadi 12 mbps atau 40% jika dalam pemakaian kamu sudah mencapai 1.200 GB. Atau

Pemakaian internet FUP 1 adalah sebesar 700 GB dengan kecepatan setelah FUP 15 mbps. Dan pemakaian FUP sebesar 1200 GB dengan kecepatan setelah FUP 6 mbps.

Fair Usage Policy IndiHome Sebesar 40 Mbps.

Lalu pada paket FUP IndiHome sebesar 40 mbps ini, batas FUP yang pertama adalah sebesar 900 GB. Dan jika pemakaian kamu pada FUP pertama sudah terpenuhi, maka kecepatan internet kamu akan diturunkan menjadi 30 mbps atau setara dengan 75%.

Sedangkan untuk batas FUP kedua, kecepatan internet akan diturunkan kembali menjadi 40% atau 16 mbps jika kamu sudah melewati pemakaian 1.600 GB. Atau

Pemakaian internet FUP 1 adalah sebesar 900 GB dengan kecepatan setelah FUP 30 mbps. Dan pemakaian internet FUP 2 sebesar 1600 GB dengan kecepatan setelah FUP 16 mbps.

FUP IndiHome Sebesar 50 Mbps

Bagi kamu yang hampir setiap harinya selalu menggunakan jaringan internet dan download dalam jumlah besar pastinya batas FUP paket internet IndiHome di atas akan kurang.

Nah, sekarang ada paket yang menawarkan kuota dengan batas FUP lebih besar lagi yaitu sebesar 50 mbps, untuk mengenai batasnya adalah sebagai berikut.

Pemakaian internet FUP 1 adalah sebesar 1200 GB dengan kecepatan setelah FUP adalah 37,5 mbps. Dan untuk pemakaian internet FUP 2 adalah sebesar 2000 GB dengan kecepatan setelah FUP adalah 200 mbps.

Fair Usage Policy IndiHome Sebesar 100 Mbps

Berbeda dari paket IndiHome yang lainnya, IndiHome 100 mbps ini menawarkan kuota dengan

kecepatan yang lebih kencang. Tapi, pada paket ini batas FUP yang ditawarkan hanya sekali saja.

Hal itu diartikan ketika pemakaian internet sudah menyentuh sampai 2000 GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 50 mbps atau 50% untuk penggunaan berikutnya.

Pemakaian internet FUP 1 sebesar 200 GB dengan kecepatan Setelah FUP sebesar 50 mbps.

Cara Mengecek FUP IndiHome

Ada tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek batas FUP paket indihome pada paket internet yang telah kamu gunakan. Di bawah ini adalah dua cara tersebut.

1. Cara mengecek kuota FUP IndiHome lewat MyIndiHome

Cara agar mengetahui berapa sisa FUP paket IndiHome yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi MyIndiHome yang dapat memudahkan para pengguna untuk memantau penggunaan internet.

Dalam mengeceknya pun mudah sekali, tidak kalah mudahnya ketika kamu ingin mengecek kuota Telkomsel, di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yaitu download terlebih dahulu aplikasi MyIndiHome, setelah kamu download langsung saja buka aplikasinya.
  • Login akun terlebih dahulu.
  • Klik ikon titik tiga yang terdapat pada bagian internet dan kamu bisa pilih lihat penggunaan.
  • Lihatlah berapa jumlah penggunaan FUP paket IndiHome kamu.

Kamu hanya tinggal membandingkan penggunaan internet tersebut dengan batas FUP pada paket yang telah kamu gunakan, untuk melihat apakah kamu sudah melebihi batas atau sebaliknya.

2. Cara Cek FUP Paket Indihome Lewat SMS

Cek FUP paket indihome melewati layanan SMS bisa menjadi alternatif untuk kamu yang sedang tidak berada di rumah dan ingin melakukan pengecekan dengan jarak jauh.

Langkah-langkah melakukan pengecekan via SMS adalah sebagai berikut.

  • Bukalah aplikasi pesan yang terdapat di perangkat ponsel kamu.
  • Buat pesan dengan format sebagai berikut: ISP<spasi>IH<spasi>Kode Area+Nomer telpon IndiHome.
  • Lalu kirimkan ke 98108.

Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai mendapatkan jawaban tentang status paket internet yang telah kamu gunakan termasuk juga besar penggunaannya.

Ketika kamu ingin melihat FUP lewat SMS ini memerlukan biaya sebesar rp350 untuk setiap sms-nya, jadi pastikanlah terlebih dahulu bahwa pulsa kamu mencukupi sebelum menggunakan layanan ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek FUP IndiHome. Tentu saja kamu harus mengetahui cara mengecek FUP IndiHome agar dapat mengatur penggunaan internet dengan baik.