covid19filantropi.id

Hibah Filantropi Bantu Usaha Kecil Terdampak COVID-19 di Los Angeles

Dalam beberapa bulan sejak COVID-19 melanda tahun lalu, the National Bureau of Economic Research telah mencatat 3 juta atau sekitar 22 % usaha kecil di Los Angeles telah tutup. Dari jumlah tersebut, 41 % dimiliki oleh penduduk kulit hitam dan seperempatnya dimiliki oleh wanita.

Sebelumnya, peristiwa penutupan usaha kecil secara masal tersebut tidak pernah terjadi. Sekitar 20 dari 1.000 usaha kecil telah tutup sementara atau permanen sejak Maret 2020. Pemerintah setempat telah memberikan bantuan miliar dollar untuk menghidupkan kembali usaha kecil. Tapi upaya tersebut gagal untuk menjangkau pihak yang paling membutuhkan. Lebih dari setengah Paycheck Protection Program yang merupakan pinjaman dari pemerintah, telah diambil  oleh perusahaan-perusahaan besar.

Wurwand Foundation, sebuah lembaga filantropi lokal yang telah lama memberikan pinjaman mikro kepada para wirausahawan, mencoba untuk membantu. Hasilnya, banyak dari mereka malah memiliki lebih banyak hutang. Akhirnya, alih-alih memberikan pinjaman, lembaga tersebut memutuskan untuk mulai menawarkan hibah.

Pada Desember 2020, Wurwand Foundation telah meluncurkan The FOUND/LA Small Business Recovery Fund. Program tersebut menyediakan USD1 juta dalam bentuk hibah untuk membantu melindungi usaha kecil di Los Angeles. Untuk memastikan hibah memenuhi aturan Internal Revenue Service, lembaga meminta bantuan dari dua mitra nonprofit untuk menjalankan program. Masing-masing mendapatkan hibah $500.000 dan semua pendanaan disalurkan ke mereka.

Dalam putaran pertamanya, program tersebut menjangkau jaringan lembaga nonprofit, pejabat kota, dan pemilik bisnis. Saat itu, Wurwand Foundation telah menerima lebih dari 3.000 aplikasi dari restoran, salon, kedai kopi, gym, toko ritel, dan pusat penitipan anak.

Sepuluh penerima hibah dipilih dengan undian acak, dan dana dikirimkan ke rekening masing-masing saat Malam Natal. Putaran berikutnya program ini diluncurkan pada bulan Januari dan Februari. Sementara itu, putaran terakhir berlangsung pada bulan Maret.

Untuk memastikan bahwa program ini dapat benar-benar berjalan, maka Wurwand Foundation menyederhanakan proses persyaratan dan pelaporan. Setiap pemilik usaha kecil yang beroperasi di Los Angeles County dapat mengajukan aplikasi jika memiliki kurang dari 20 karyawan dan terdampak pandemi.

Wurwand Foundation menyerahkan kepada setiap pemilik bisnis untuk memutuskan bagaimana menggunakan dana hibah tersebut. Meskipun demikian, sebagian besar penerima hibah menggunakan dana tersebut untuk biaya operasional rutin seperti sewa dan utilitas.

Pemilihan penerima hibah dengan cara undian dinilai Wurwand Foundation memungkinkan siapa saja yang memenuhi syarat mendapatkan kesempatan yang sama untuk dipilih. Sementara, bagi yang belum terpilih akan secara otomatis masuk ke putaran berikutnya untuk mendapatkan kesempatan kembali.

Dalam rangka memastikan bahwa program ini dapat berjalan secara berkelanjutan, maka sekarang ini Wurwand Foundation membuat pusat-pusat donor. Pihak lain yang ingin berkontribusi dapat mengunjungi pusat donor untuk membantu usaha kecil yang membutuhkan.

Sumber:

https://www.philanthropy.com/article/how-our-foundation-is-helping-small-businesses-make-it-though-the-pandemic?cid=gen_sign_in&cid2=gen_login_refresh