covid19filantropi.id

Infografik Persiapan, Pelaksanaan dan Dampak Pasca Vaksinasi COVID-19 pada Anak

Percepatan vaksinasi COVID-19 khususnya bagi anak usia 12-17 tahun semakin digencarkan oleh pemerintah dan berbagai sektor ikut membantu dalam pelaksanaannya. Ternyata, pemberian vaksinasi untuk rentang usia ini tidak berjalan mulus. Apalagi ditambah masalah pada daerah luar pulau Jawa dan Bali, stok vaksin terbatas sampai kurangnya informasi orang tua untuk mengizinkan anaknya mendapatkan vaksin.

Seperti yang dikatakan Manajer Advokasi dan Pelibatan Publik Wahana Visi Indonesia (WVI), Junito Drias, bahwa perkiraan dari total target 2 juta vaksinasi untuk anak, baru tercapai 800 ribu vaksinasi dalam dosis pertama. Kebutuhan vaksinasi untuk anak dan sosialisasi bahwa vaksin itu aman bagi anak menjadi hal yang terpenting agar diketahui para orang tua maupun pihak lain sebagai influence dalam percepatan vaksinasi ini.

Dalam pemberian vaksin untuk anak, Wahana Visi Indonesia telah merancang panduan dalam infografik terkait Persiapan, Pelaksanaan dan Dampak Pasca Vaksinasi COVID-19 pada Anak. Dikarenakan pada umumnya, vaksin memang memiliki efek samping yang jenisnya tentu akan berbeda di tiap anak. Dari panduan ini, diharapkan para orang dewasa mendukung anak dalam mendapatkan haknya dalam vaksinasi COVID-19.

Sumber: Internal Wahana Visi Indonesia