covid19filantropi.id

Inovasi Kreatif Diaspora Indonesia Berbagi di tengah COVID-19

Dukungan untuk masyarakat terdampak COVID-19 di Indonesia terus berdatangan dari segala kalangan, tak terkecuali dari Diaspora Indonesia. Bentuk dukungan dan solidaritas kali ini ditunjukkan oleh Persatuan Mahasiswa Indonesia Seluruh Amerika Serikat (Permias). Permias menggelar lomba bertajuk “The Amazing Midwest Rest” pada 6 Maret 2021 lalu.

Lomba yang dilakukan secara daring ini merupakan wadah silahturahmi dan penggalangan dana. The Amazing Midwest Rest diikuti oleh 25 tim dari berbagai mahasiswa yang berada di saentero Midwest Amerika Serikat, Kanada, Perkumpulan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman, dan PPI Perancis. Melalui lomba ini, para mahasiswa juga menggalang dana sebesar 600 USD.

Donasi yang terkumpul kemudian disalurkan kepada Project Child Indonesia. Project Child Indonesia merupakan organisasi nirlaba berbasiskan komunitas yang berfokus mengurangi tingkat kemiskinan di pinggiran sungai dan pantai di Indonesia. Ada dua program yang didukung dari lomba The Amazing Midwest Rest yaitu, sekolah pantai dan sekolah sungai.

Keinginan untuk memberi kembali ke Indonesia menjadi semangat dari lomba The Amazing Midwest Rest. Ketua Panitia sekaligus Permias Chicago, Phobe Liandyartha mengatakan, “COVID-19 menerpa semua pihak tanpa kecuali, kami ingin membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan sebisa kami”. COVID-19 tidak memadamkan semangat para mahasiswa tersebut untuk terus berkreasi. Phobe menambahkan pula The Amazing Midwest Race memakai konsep serupa dengan “The Amazing Race” yang ditayangkan di televisi.

Uniknya dari lomba The Amazing Midwest Race adalah dilakukan secara daring dengan mengambil tempat dalam ruang-ruang pertemuan daring. Satu tim yang terdiri dari dua peserta berpindah dari satu ruang ke ruang yang lain untuk menyelesaikan serangkaian tantangan. Tantangan yang diberikan tentu berkaitan dengan Indonesia seperti nama daerah, menyanyikan lagu daerah, hingga memperagakan gerakan khas tari tradisional.

Pemerintah Indonesia yang diwakilkan oleh KJRI Chicago memberikan apresiasi terhadap cara yang unik dan kreatif dari para mahasiswa. Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Chicago, Benny Kurnia Rahman, menambahkan terselip peran moral yaitu untuk terus menjaga dan mengembangkan rasa empati dan peduli terhadap sesame. Moral ini adalah modal penting dalam pengembangan karakter bagi generasi muda Indonesia.

KJRI Chicago menyatakan bahwa Permias merupakan salah satu mitra penting dalam melaksanakan kegiatan untuk masyarakat Indonesia di Amerika Serikat. “Sebagai sesama duta bangsa, kami memiliki misi yang serupa, yaitu memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Amerika Serikat, serta membangun jaringan, hubungan baik, dan keterikatan antara Indonesia dan Amerika Serikat”, ujar Benny. Kolaborasi dan kebersamaan antar Diaspora Indonesia adalah hal yang penting.

Sumber:

https://www.kompas.com/global/read/2021/03/07/090220870/cerita-mahasiswa-indonesia-di-as-berbagi-kala-pandemi-lewat-lomba?page=all#page2

https://www.antaranews.com/berita/2030131/mahasiswa-indonesia-di-as-galang-donasi-melalui-lomba-virtual