covid19filantropi.id

JAPFA Peduli Sumbang Tim Medis COVID-19 Makanan Berprotein Hewani

Tim medis merupakan garda terdepan penanggulangan COVID-19. Berhadapan langsung dengan pasien COVID-19, mereka sangat rentan tertular. Selain membutuhkan APD lengkap saat bertugas, stamina tim medis juga harus selalu prima dengan asupan makanan bergizi.

Sumbang makanan bagi tim medis

Alasan itulah yang membuat  PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA), melalui program JAPFA Peduli, melakukan aksi cepat tanggap mendukung pemerintah menangani pandemi COVID-19.

Pada 26 Maret 2020 lalu, JAPFA menyerahkan bantuan senilai Rp700 juta untuk tim medis melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), berupa bahan makanan yang mengandung protein hewani. Bantuan diserahkan langsung oleh Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA kepada Letjen (TNI) Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di Kantor Pusat BNPB, Jakarta

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, didirikan tahun 1971 dengan nama PT Java Pelletizing Factory, merupakan salah satu perusahaan agri-food terbesar di Indonesia, dengan unit bisnis utama pembuatan pakan ternak, pembibitan ayam, pengolahan unggas, serta pembudidayaan pertanian.

Melalui anak-anak usahanya, Japfa memberikan bantuan bahan mskanan berupa telur dan daging ayam (PT Ciomas Adisatwa), tempura udang (PT Suri Tani Pemuka), susu cair (Greenfields), produk olahan ayam (So Good Food), dan liquid egg (PT Intan Kenkomayo Indonesia).

Rachmat Indrajaya menyampaikan, “Sebagai perusahaan nasional dengan misi menyediakan protein hewani bagi masyarakat Indonesia, JAPFA ingin berpartisipasi membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Yaitu dengan menyediakan bahan makanan protein hewani berkualitas bagi tenaga medis yang berjuang di garis terdepan,” ujar Rachmat.

Asupan protein yang cukup dapat membentuk antibodi untuk membantu mencegah serangan penyakit dan infeksi virus dan bakteri pada tubuh. “Kami akan terus memantau perkembangan pandemi ini dan melakukan aksi untuk membantu pemerintah,” kata Rachmat.

Tetap ekspor untuk dukung ekonomi nasional

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA), melalui anak usahanya yaitu PT Iroha Sidat Indonesia (ISI) dan PT Suri Tani Pemuka (STP), memutuskan tetap melakukan kegiatan ekspor meskipun di tengah pandemi COVID-19.

Ardi Budiono, Head of Aquaculture Division JAPFA Group, menyampaikan, “Walaupun Indonesia tengah dilanda pandemi COVID-19, komitmen JAPFA untuk terus menjaga rantai pasokan pangan tetap dijalankan. Pelepasan ekspor ini dilakukan sebagai bentuk dukungan JAPFA terhadap pemerintah dalam meningkatkan pendapatan negara dan agar karyawan tetap bisa tetap berpenghasilan. Tentunya, operasional kami jalankan  dengan mengikuti aturan pemerintah yang mengutamakan keamanan dan keselamatan semua pihak,” papar Ardi, pada 13 April 2020.

Ekspor diyakini merupakan langkah strategis yang diambil JAPFA untuk membantu pemerintah menjaga stabilitas perekonomian Indonesia agar tetap berjalan dengan baik di tengah pandemi global COVID-19. 

JAPFA percaya bahwa kualitas mutu produk yang dimilikinya mampu bersaing di pasar internasional, yang dibuktikan dengan telah dikantonginya berbagai sertifikasi internasional, seperti Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Food Safety System Certification (FSSC) 22000, Best Aquaculture Practice (BAP), Aquaculture Stewardship Council (ASC), The British Retail Consortium (BRC) dan Kosher Certification. Nilai ekspor JAPFA pada komoditas perikanan juga telah mencapai Rp174 miliar walau baru memasuki bulan keempat tahun 2020.

Di tahun 2020, ISI telah beberapa kali lepaskan ekspor produk olahan ikan sidat. Dan di bulan April telah diekspor 12 ton produk olahan sidat ke Jepang dengan nilai ekspor Rp5,6 miliar. Sementara  STP mengekspor produk olahan ikan tilapia ke Taiwan dan Amerika Serikat dengan nilai total Rp27 miliar, serta produk olahan udang senilai Rp23 miliar yang diekspor ke Amerika Serikat dan Jepang.

“Dengan berbagai sertifikasi yang telah dimiliki JAPFA, kami optimistis dapat menembus angka ekspor produk budidaya perikanan senilai lebih dari Rp450 miliar di akhir tahun ini,” kata Ardi, yakin.

Sumbang paket buka puasa untuk Tim Medis COVID-19

Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono, memberikan apresiasi kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang telah menyediakan paket buka puasa untuk Tim Medis COVID-19 di 25 rumah sakit rujukan di Jakarta, pada 7 Mei 2020.

“Dukungan Japfa kepada seluruh tim medis ini lebih dari sekadar dukungan logistik, melainkan juga dukungan moral dan bentuk apresiasi terhadap kerja keras tim medis COVID-19,” kata Sakti.

Paket makanan buka puasa ini dimanfaatkan oleh 2.500 tim medis di 25 rumah sakit di seluruh Jakarta yang bekerjasama dengan Kementrian Pertahanan RI. Tidak hanya sekali, melainkan sebanyak lima kali hingga akhir bulan Ramadan, demikian kata  R. Artsanti Alif, Vice President Head of Social Investment Japfa.

Melalui dukungan ini Japfa ingin memastikan bahwa Tim Medis COVID-19 memperoleh asupan protein dan makanan sehat bergizi guna mendukung kerja mereka.

Program serupa juga dilaksanakan di Jawa Barat dan Jawa Timur. “Di Jawa Barat diserahkan sekitar 3.000 paket buka puasa untuk Tim Medis COVID-19 di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Cimahi. Kami bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi,” jelas Artsanti. 

Bila di Jakarta sumber protein dalam menunya adalah ayam dan telur, maka di Jawa Barat menggunakan protein hewani dari Ikan, yaitu ikan lele, ikan mas, dan ikan nila hasil dukungan dari  PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha Japfa yang bergerak di bidang produksi pakan ikan dan budidaya. 

Sumbangan  paket buka puasa ini  merupakan bagian dari  investasi sosial Japfa bagi masyarakat Indonesia. Sejak tahun 2008, Japfa telah berkomitmen dan konsisten mengedukasi masyarakat tentang manfaat mengonsumsi makanan bergizi bagi kesehatan dan kecerdasan otak.

“Kami berharap dukungan kecil ini dapat membantu pemerintah dan tim medis untuk bersama-sama berjuang melawan pandemi COVID-19,” kata Artsanti.

Sumber:

https://www.japfacomfeed.co.id/id/about-us/news-bulletin/japfa-distribute-animal-protein-foodstuff-for-the-covid-19-medical-team

https://www.japfacomfeed.co.id/id/about-us/news-bulletin/japfa-consistently-performs-exports-in-the-middle-of-the-covid-19-pandemic

https://www.askara.co/read/2020/05/08/4169/wamenhan-apresiasi-japfa-peduli-tim-medis-covid-19

https://m.merdeka.com/japfa-comfeed-indonesia/profil/

Photo credit: japfacomfeed.co.id