covid19filantropi.id

Kolaborasi Filantropi dalam Pengadaan Mobile Lab Test PCR COVID-19

Human Initiative, NAMA Foundation, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Agile Innovation Labs (Ai-Labs) bekerjasama meminimalisasi penyebaran COVID-19 di Jakarta. Kerja sama tersebut meliputi pengadaan tiga unit Laboraturium PCR Test COVID-19 beserta alat-alat pendukung lainnya.

Pada Kamis, 28 Januari 2021 yang lalu telah diluncurkan Mobile Lab PCR Test COVID-19 Biosafety Level BSL-2 hasil kerja sama empat lembaga tersebut. Mobile Lab diharapkan dapat membantu para tenaga kesehatan dalam melakukan tes COVID-19 di masyarakat. Selain itu juga mempermudah menjangkau ke wilayah zona merah di Jakarta. Dalam jangka panjang, mobile lab dapat beroperasi untuk kebutuhan laboratorium lainnya.

Total keseluruhan mobile lab hasil kerja sama ini sebanyak tiga unit. Mobile lab dalam bentuk truk kontainer dilengkapi dengan alat pendukung container seperti PCR kit, seperangkat alat lab, hingga pengoperasian. Mobile Lab berstandar BSL-2 ini direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO). Sebelum dapat digunakan, mobile lab telah melewati sejumlah rangkaian uji coba. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah mengelurkan kelayakkan akan standar mobile lab tersebut.

Selain itu, mobile lab ini juga telah diuji oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI), Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik, dan Kedokteran Indonesia (PDS PatKLIn). Sesuai pula dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9847 tahun 2020 tentang Jejaring laboratorium Pemeriksaan Corona Virus Disease (COVID-19).

“Serah Terima Mobile Lab PCR Test Covid-19 BSL-2 kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta ini juga sekaligus menandakan bahwa Mobile Lab sudah bisa beroperasi melayani masyarakat yang membutuhkan,” ucap Tomy Hendrajati Presiden Human Initiative pada saat acara peluncuran.

Anies Baswedan, Gubenur DKI Jakarta menyambut baik sumbangan mobile lab ini. “Keputusan memilih membuat mobile labs ini sangat tepat. Kenapa? Karena kita ingin memotong rantai penularan COVID-19 dengan mengetahui siapa yang tertular dan siapa yang tidak. Yang kita tes adalah orang yang memiliki riwayat kontak atau bergejala dan ketika kita melakukannnya kita perlu kapasitas tes yang tinggi”, ungkapnya.

Selanjutnya, Mobile Lab ini akan mengerjakan sampel dari RSUD Tanah Abang, Puskesmas Tanah Abang dan sekitarnya, RSUD Koja, Puskesmas Koja dan sekitarnya, RSUD Budi Asih, Puskesmas Kramat Jati dan sekitarnya. Tidak hanya itu, mobile juga melayani pemeriksaan sampel swab lanjutan pasien COVID-19 di RSUD tersebut. Kemudian, melayani pelacakan kontak erat yang dilaksanakan puskesmas di wilayah setempat.

Selanjutnya, Mobile Lab ini juga akan sangat berguna untuk keperluan medis lainnya, seperti riset biologi, pengujian klinis, dan bahkan analisis untuk epidemik Hi-Risk virus seperti A-H1N1 Swine Flu, H5N1 AVIAN Flu/Bird Flu, FMD, TB, Salmonella dan lain sebagainya. Mobile lab dapat mengecek apakah seseorang telah terinfeksi COVID-19 dengan estimasi waktu 4 jam/sampel pasien. Sementara paling lambat hasil keluar dalam waktu 1×24 jam.

Sumber:

https://www.jpnn.com/news/mobile-lab-pcr-test-covid-19-bsl-2-diresmikan-begini-harapan-presiden-human-initiative

https://nasional.kompas.com/read/2020/12/16/21091141/doni-monardo-apresiasi-mobile-lab-bsl-2-bantu-penanganan-covid-19?page=all

https://m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/380887-pemprov-dki-dan-human-initiative-luncurkan-3-unit-mobile-lab-pcr