covid19filantropi.id

Komitmen Unilever Ikut Lindungi Indonesia dari COVID-19

Meski didera masalah internal akibat sejumlah karyawannya kedapatan positif COVID-19, Unilever Indonesia tetap berkomitmen penuh membantu pemerintah menanggulangi pandemi global ini.

PT. Unilever Indonesia, Tbk, produsen consumer goods multinasional, menyatakan siap mendukung upaya nasional menanggulangi pandemi COVID-19. Pernyataan itu disampaikan pada 26 Maret 2020 lalu. 

Fokus komitmen tersebut adalah membantu kehidupan dan penghidupan berbagai pihak, mulai konsumen, para pelanggan dan komunitasnya, serta seluruh karyawan perusahaan.

Siap kucurkan donasi Rp50 miliar

Hemant Bakshi, President Direktur PT. Unilever Indonesia, Tbk. menyatakan sangat prihatin atas dampak buruk yang ditimbulkan virus COVID-19 pada kehidupan masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

“Tapi kami percaya bahwa semua pihak dapat mengambil peran untuk membantu memutus rantai penyebaran virus ini. Sejak adanya wabah ini, Unilever Indonesia telah dan akan terus mendukung dalam berbagai bentuk, antara lain dengan menyediakan hand sanitizer, sabun, dan produk perawatan higienitas rumah, serta melakukan edukasi yang komprehensif tentang pentingnya menjaga higienitas diri dan lingkungan rumah,” tutur Bakshi.

Di bawah tagline #Unilever4Indonesia dan #SemangatULI, Unilever telah menyediakan donasi dalam bentuk produk senilai total Rp50 miliar yang disalurkan kepada masyarakat melalui berbagai program kemitraan, termasuk dengan institusi kesehatan, pemerintah, maupun organisasi lainnya.

Dukungan yang telah diberikan di antaranya bantuan paket produk kebersihan untuk 100.000 masjid melalui “Gerakan Masjid Bersih”, berkolaborasi bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI), Pertamina, dan Indah Logistik. Juga produk sabun cuci tangan untuk delapan Rumah Sakit rujukan melalui kemitraannya dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). 

Upaya lain adalah mendukung “Gerakan Sekolah Bersih” dan “Gerakan Bersih Lingkungan” dengan mendisinfeksi sekolah dan beberapa ruang publik, berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI). Unilever juga terus mengedukasi masyarakat melalui iklan layanan masyarakat dan kampanye digital mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan rumah.

Perlindungan terhadap seluruh karyawan beserta keluarganya juga menjadi salah satu prioritas. Unilever secara global telah melakukan langkah-langkah preventif yang lebih tegas. Salah satunya dengan memberlakukan kebijakan Work from Home bagi para karyawan yang bekerja di kantor. Bagi karyawan pabrik dan lapangan, perusahaan menerapkan standar keamanan yang lebih tinggi. Dengan demikian konsumen bisa tetap mendapatkan produk-produk Unilever.

“Kesejahteraan karyawan adalah prioritas kami. Di tengah kondisi pasar yang terganggu dan karyawan tidak bisa melakukan tugas secara maksimal, perusahaan memastikan akan melindungi pendapatan seluruh karyawan kami — termasuk kontraktor dan yang bekerja di lokasi kami secara penuh atau paruh waktu — hingga tiga bulan ke depan. Ini termasuk mereka yang bekerja  menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan kerja, pengelola kantin perusahaan, hingga mereka yang membantu merchandising dan penjualan produk. Bagi perusahaan, mereka adalah bagian dari keluarga besar Unilever Indonesia,” papar Bakshi.

Ia berharap perlindungan kesehatan dan keamanan yang diberikan kepada karyawan akan memberikan ketenangan di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian ini.

Bantu Pemprov DKI Perangi COVID-19

PT. Unilever Indonesia, bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia  dan Yayasan Tzu Chi, memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menanggulangi penyebaran virus COVID-19. Bantuan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan,  di Pendopo Balai Kota Jakarta, 3 April 2020 lalu.

“Kami telah menghimpun,  berkoordinasi, serta mengajak swasta, terutama yang di bawah naungan Kadin Indonesia, untuk berpartisipasi memberikan bantuan. Meski dunia usaha pun terdampak keras oleh pandemi ini,  semangat persatuan dan kemanusiaan tetap harus dijunjung tinggi demi meringankan beban pemerintah dan masyarakat,” ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani.

Ia berharap, wabah ini dapat segera teratasi, sehingga semua elemen masyarakat dapat membangun kembali semua sendi pembangunan. Tidak hanya di bidang kesehatan, tetapi juga dalam kehidupan sosial serta penguatan dunia usaha nasional.

Sebagai perwakilan swasta,  bantuan produk Unilever Indonesia disampaikan oleh Sancoyo Antarikso, Direktur Governance and Corporate Affairs PT Unilever Indonesia Tbk kepada Gubernur Anies Baswedan.

Sancoyo menyampaikan, sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai produk yang dekat dengan keseharian masyarakat, Unilever Indonesia berkomitmen memberikan dukungan dalam berbagai bentuk dengan nilai total Rp50 miliar untuk Indonesia. “Sebesar Rp10 miliar dari bantuan tersebut kami alokasikan untuk masyarakat Jakarta, yang diwujudkan dalam bentuk produk hand sanitizer, sabun,  produk makanan dan minuman, produk perawatan higienitas rumah, dan paket makanan bagi tenaga medis.”

Adapun Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto, menekankan pentingnya tugas tenaga medis dan jajaran pelayanan publik yang merupakan garda terdepan penanganan virus COVID-19.

“Sebagian dari mereka bertugas di bawah naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Itu sebabnya kami pilih donasi dalam bentuk alat kesehatan yang dapat langsung digunakan,” ujar Sulistyanto.

Sedangkan relawan Yayasan Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia, Hong Tjhin, mengatakan, kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Inilah yang mendorong Yayasan Tzu Chi melakukan penggalangan dana yang hasilnya digunakan untuk membeli alat-alat kesehatan.

Hong Tjhin menyebutkan, bantuan Yayasan Tzu Chi yang disalurkan ke Pemprov DKI berbentuk alat kesehatan, di antaranya 105.000 masker, 300 APD, dan 100.000 test kit.

Sumbangkan 40.000 alat tes PCR

PT Unilever Indonesia menyumbang lebih dari 40.000 alat tes PCR senilai Rp10,7 miliar kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Direktur Unilever Indonesia, Hermant Bakshi, mengatakan dalam keterangan tertulisnya pada 16 Juni 2020 lalu, bahwa bantuan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk turut berjuang mengatasi wabah ini bersama pemerintah dan masyarakat 

“Komitmen ini didasarkan pada fakta bahwa Unilever Indonesia telah tumbuh bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 86 tahun. Unilever Indonesia juga terus mengamati perkembangan situasi dan kebutuhan yang mengemuka dalam penanganan COVID-19. Dari situ kami melihat bahwa kebutuhan pasokan alat tes PCR masih sangat dibutuhkan,” papar Bakshi

Ia menambahkan, butuh waktu  panjang untuk bisa keluar dari krisis ini dan untuk bangkit kembali. Karena itu, dukungan yang berkelanjutan dan tepat sesuai kebutuhan menjadi sangat penting.

“Sebelumnya, kami telah menyumbangkan masker N95 melalui Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) ketika kebutuhan itu mendesak. Saat  ini kebutuhan akan alat tes PCR sangat tinggi, karena itu kami mendatangkan alat tes tersebut ke Indonesia,” lanjut Hemant.

Selain dukungan berupa alat tes PCR, Unilever Indonesia, melalui merek sabun kesehatan Lifebuoy, telah menyalurkan 200.000 sabun ke sejumlah rumah sakit di Indonesia, dan 1.320 sabun cuci tangan telah disalurkan ke 400 masjid di Jakarta melalui BNPB.

Sejak awal pandemi, Unilever Indonesia berkomitmen mengalokasikan bantuan senilai Rp50 miliar. Namun, hingga Juni 2020, tercatat sebanyak Rp83 miliar telah disumbangkan oleh Unilever Indonesia melalui berbagai bentuk bantuan.

Ketua Gugus Tugas Nasional, Letjen Doni Monardi, mengapresiasi inisiatif Unilever Indonesia, karena sangat tepat menjawab kebutuhan penanganan pandemi di Indonesia saat ini.

“Donasi alat tes PCR dan produk sabun cuci tangan masih terus diperlukan selama pandemi ini masih berlangsung. Untuk itu kami sangat mengapresiasi Unilever Indonesia yang responsif dalam membantu penanganan COVID-19,” ujar Doni.

Ia juga menyampaikan bahwa pihak swasta memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pemerintah menurunkan angka kasus COVID-19.

Sumber:

https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2020/unilever-ambil-peran-dalam-melindungi-masyarakat-indonesia-dari-pandemi-covid-19.html

https://amp-beritasatu-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.beritasatu.com/ekonomi/616461-atasi-covid19-kadin-serahkan-bantuan-untuk-dki-jakarta?amp_js_v=a3&_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15942666640367&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=From%20%251%24s&share=https%3A%2F%2Fwww.beritasatu.com%2Fekonomi%2F616461-atasi-covid19-kadin-serahkan-bantuan-untuk-dki-jakarta

https://industri.kontan.co.id/news/bantu-tekan-covid-19-unilever-indonesia-distribusikan-40000-alat-tes-pcr

Foto dari Beritasatu: Atasi Covid-19, Kadin Serahkan Bantuan untuk DKI Jakarta