covid19filantropi.id

Menilik Peran Penting Ibu Selama Pandemi COVID-19

“Perempuan merupakan salah satu kekuatan penting bagi bangsa dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia saat ini. Mereka juga menanggung banyak peran,” ungkap Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Jika diperjelas, perempuan menjadi manajer dalam rumah tangga untuk memastikan keluarga tetap sehat, membantu perekonomian keluarga dan mendampingi anak belajar di rumah. Serta, menjadi garda terdepan tenaga kesehatan dalam penanganan COVID-19.

Ratna Susianawati SH MH dari Bidang Komunikasi Pembangunan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menambahkan seorang ibu berperan sebagai sentral dalam keluarga. Sebagai manajer ekonomi keluarga, perempuan memikirkan upaya produktif yang bisa memperbaiki pendapatan keluarga kemudian juga membangun nilai-nilai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pandemi.

Berbagai hal tersebut menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran yang banyak dan beragam untuk membawa perubahan dalam keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat. Oleh karena itulah mengapa upaya pencegahan 3M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak mendapatkan tagline Ingat Pesan Ibu.

Kluster keluarga telah terbukti menjadi salah satu penyumbang pasien COVID-19. Penggunaan tagline tersebut, secara tidak langsung meberikan tugas penting ibu untuk mendisiplinkan anggota keluarga dalam penerapan 3M.

Untuk proses sosialisasi peran ibu ini, maka Kementerian PPPA melibatkan organisasi kewanitaan seperti, organisasi PKK, Dharma Wanita, Dharma Pertiwi, Kowani dan organisasi kewanitaan lainnya yang ada di Indonesia.

Meski demikian, tidak semua ibu tinggal di dalam sebuah rumah yang nyaman. Terdapat banyak ibu dari keluarga miskin yang juga menjadi pejuang keluarga. Tentu saja hal ini akan mempersulit mereka untuk bisa memaksimalkan perannya sebagai penegak disiplin keluarga selama pandemi.

Menyadari hal tersebut, maka BAZNAS bersama GetPlus menyalurkan donasi masyarakat untuk para ibu hebat yang berjuang melawan krisis selama pandemi. Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta menyatakan bahwa banyak ibu dari keluarga mustahik yang menjadi tulang punggung dengan mencari nafkah sendiri, sehingga memerlukan dukungan donasi masyarakat. Donasi masyarakat yang dikumpulkan melalui aplikasi GetPlus selama Desember lalu diwujudkan menjadi Paket Logistik Keluarga (PLK) yang berisi bahan-bahan kebutuhan pokok.

Sumber:

https://www.merdeka.com/peristiwa/menteri-pppa-perempuan-kekuatan-bangsa-dalam-memutus-mata-rantai-covid-19.html

https://rri.co.id/humaniora/info-publik/954001/donasi-untuk-ibu-pejuang-krisis-ditengah-pandemi?utm_source=news_recommendation&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

https://www.liputan6.com/health/read/4405400/pentingnya-peran-ibu-dalam-keluarga-sebagai-sentral-pencegahan-covid-19

https://www.redaksi9.com/read/3598/Pentingnya-Peran-Ibu-dalam-Pencegahan-Penularan-Covid-19

https://indonews.id/artikel/312743/Ibu-Rumah-Tangga-Memiliki-Peran-Penting-Tekan-Penularan-Covid-19-Kluster-Keluarga-/