covid19filantropi.id

Orang Kaya dan Terkaya Dunia Akan Dikenakan Pajak Tinggi untuk Pemulihan Ekonomi Global akibat COVID-19

Seruan tersebut digaungkan oleh 83 miliuner atau jutawan dari seluruh dunia yang bergabung dalam kelompok ‘Millioners for Humanity’. Mereka merilis surat terbuka yang ditujukan kepada pemerintah berbagai negara agar secepatnya menaikkan pajak permanen khususnya bagi orang-orang terkaya di negara masing-masing guna membantu pemulihan krisis ekonomi global akibat pandemi COVID-19. 

Apabila orang-orang terkaya dari setiap negara mau bersungguh-sungguh mengambil peran aktif dalam pemulihan ekonomi global ini, maka  perekonomian dunia akan bisa kembali seimbang dalam waktu jauh lebih singkat. Itulah yang diyakini oleh  kelompok Millioners for Humanity yang diusung oleh 38 miliuner dari seluruh dunia.
Seruan itu dirilis dalam bentuk surat terbuka kepada para pemimpin dunia dalam pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 serta pertemuan Dewan Khusus Eropa (Special European Council) di Brussel, Belgia, pada 17-18 Juli 2020 lalu. Agenda kedua pertemuan penting tersebut menyangkut berbagai usaha membangun kembali perekonomian dunia yang compang-camping pasca pandemi COVID-19.

Kelompok miliuner ini juga berharap para politisi di setiap negara ikut menekan pemerintah masing-masing untuk menerapkan keadilan yang bersifat global, serta meyakinkan bahwa peningkatan pajak bagi orang-orang kaya serta transparansi pajak sangatlah esensial sebagai jalan keluar jangka panjang di masa depan.

Surat terbuka dari kelompok Millioner for Humanity tersebut antara lain ditandatangani oleh pendiri Warehouse Group dari Selandia Baru Sir Stephen Tindall, sutradara dan penulis skenario film asal Inggris Richard Curtis, produser film asal Amerika dan pewaris Kerajaan Disney Abigail Disney, pengusaha Denmark-Iran Djaffar Shalchi,  co-founder Ben and Jerry Jerry Greenfield, investor start-up yang juga filantropis  Dr. Mariana Bozesan, dan mantan managing director Blackrock dari Amerika Morris Pearl

Morris Pearl, investor dan chairman Patriotic Millionaires mengatakan, “Krisis akibat COVID-19 telah mengungkapkan betapa rapuhnya sistem yang kita miliki selama ini, sekaligus memperlihatkan bahwa tak seorang pun—kaya  maupun miskin—yang lebih baik di tengah masyarakat yang penuh ketidakadilan massif ini; masyarakat yang gagal menciptakan jaring pengaman sosial.  Kita harus me-reset struktur perpajakan kita agar lebih menghargai kontribusi para pekerja, sama baiknya dengan kita menghargai kontribusi para pemilik modal.” 

Djaffar Shalchi, pengusaha, filantropis, dan pendiri Human Act menekankan, “Kami bersama-sama mempertanyakan tentang konsentrasi kekayaan dan menuntut solusi yang dapat menciptakan masyarakat yang lebih adil secara ekonomi. Secara pribadi, saya ingin agar orang-orang terkaya di seluruh dunia dikenakan pajak kekayaan sebesar satu persen. Orang-orang seperti saya saja mampu membayarnya, apalagi mereka. Hal ini sama sekali tidak membahayakan kelangsungan usaha dan kekayaan kita, tetapi dapat memberi dampak sangat besar bagi pemulihan ekonomi global.”  

Dr. Mariana Bozesan, peraih penghargaan European Female Investor of the Year 2019  dan seorang filantropis menyatakan, “Seperti juga krisis keuangan 2008, pandemi COVID-19  memperlihatkan bahwa sistem social yang ada saat ini, termasuk sistem ekonomi  keuangan, dan politik, tidak cukup untuk menghadapi tantangan-tantangan global yang besar; sistem-sistem tersebut hanya membuat kita tambah kesal. Saya tumbuh di tengah kemiskinan Rumania di masa pemerintahan komunis, sehingga saya merasa lebih terpanggil untuk melakukan apa pun yang saya bisa untuk mengimplementasikan program PBB tentang Sustainable Development Goals, dan secara khusus berfokus memperjuangkan ketidakadilan, kemiskinan, dan penciptaan lapangan kerja, sehingga bisa mengangkat kembali harga diri masyarakat dari semua tingkatan.” 

Surat terbuka tersebut disebarluaskan secara global oleh Patriotic Millionaires, Oxfam, Human Act, Tax Justice UK, Club of Rome, Resource Justice, dan Bridging Ventures, seraya mengingatkan bahwa keterpurukan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dapat menjerumuskan  setengah miliar manusia di seluruh  dunia ke dalam kemiskinan. 

Millioners for Humanity merupakan kelanjutan dari gerakan “Millionaires against Pitchforks”, yang juga merilis surat terbuka yang ditandatangani oleh 120 jutawan dan milarder dari seluruh dunia pada Januari 2020 lalu –sebelum terjadinya wabah COVID-19. Mereka menuntut pemerintah di setiap negara untuk menetapkan pajak tinggi bagi orang-orang kaya dan terkaya di negara masing-masing.

Kelompok Millionaires against Pitchforks ini menggambarkan diri mereka sebagai  ”members of the most privileged class of human beings ever to walk the earth”, dan justru karena itu mereka menyadari bahwa ketidakadilan sosial di seluruh dunia akan menyebabkan naiknya tensi ketidakpuasan pada sebagian besar masyarakat. 

“Kalau dibiarkan terus, ini akan menjadi bencana bagi semua orang, termasuk bagi orang-orang kaya dan terkaya itu sendiri. Ini sudah sangat mendesak. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk bertindak sebelum semuanya terlambat. Reformasi pajak secara global harus secepatnya diterapkan,” kata Simon Pegg, seorang aktor, komedian, produser, dan penulis skenario film terkenal asal Inggris yang ikut menandatangani surat terbuka ini.

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, tampaknya kekhawatiran para orang kaya tersebut makin mendekati kenyataan. 

Sumber:

https://www.oxfam.org/en/press-releases/over-80-millionaires-around-world-call-higher-taxes-richest-help-covid-19-global

https://amp-scroll-in.cdn.ampproject.org/v/s/amp.scroll.in/latest/967404/coronavirus-tax-us-more-immediately-say-over-80-millionaires-in-open-letter-to-governments?amp_js_v=a3&amp_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15963694681195&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fscroll.in%2Flatest%2F967404%2Fcoronavirus-tax-us-more-immediately-say-over-80-millionaires-in-open-letter-to-governments

https://www-independent-co-uk.cdn.ampproject.org/v/s/www.independent.co.uk/news/uk/home-news/millionaire-tax-inequality-open-letter-simon-pegg-climate-a9298791.html?amp_js_v=a3&amp_gsa=1&amp&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15963694681195&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.independent.co.uk%2Fnews%2Fuk%2Fhome-news%2Fmillionaire-tax-inequality-open-letter-simon-pegg-climate-a9298791.html

Image by Steve Buissinne from Pixabay