covid19filantropi.id

Pengusaha Peduli NKRI Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19

Eskalasi kasus COVID-19 di Indonesia belum juga melandai. Pemerintah Indonesia kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna menekan laju penularan COVID-19. Kondisi ini kembali mendorong komitmen Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk memberikan perhatian kepada masyarakat terdampak.

Kali ini, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersinergi dengan para pengusaha di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dalam inisiatif ‘Pengusaha Peduli NKRI’. Inisiatif ini dilakukan dengan menggalang donasi untuk pengadaan 35.000 ton beras untuk 7 juta kepala keluarga. Penyaluran pertama bantuan ini kepada masyarakat terdampak telah dilaksanakan pada Jmat, 23 Juli 2021 lalu di Tzu Chi Center, Jakarta.

“Berpegang nilai bersyukur, menghormati serta menghargai kehidupan relawan, Tzu Chi di berbagai daerah telah ikut serta dalam penyaluran berbagai bantuan tersebut secara langsung, prioritas, sesuai kebutuhan, menghargai dan cepat dengan dukungan aparat TNI dan Polri. Sinergitas penyaluran bantuan beras dan kebutuhan lainnya dalam masa PPKM Darurat ini akan mendapatkan dukungan dari Sekretariat Presiden dan Tentara Nasional Indonesia bersama Kepolisian Republik Indonesia di berbagai daerah,” kata Sugianto Kusuma, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Dukungan yang terkumpul pun digunakan untuk pengadaan konsentrator oksigen, obat-obat yang saat ini sulit diakses oleh pasien COVID-19, serta dukungan penyelenggaraan sentra vaksinasi bersama.

Koordinator Pengusaha Peduli NKRI, G. Sulistiyanto menambahkan, “Donasi ini bertujuan sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian kalangan usaha atas kepada masyarakat yang terdampak pandemi, serta memperkuat apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia”.

Perusahaan yang bergabung dalam inisiatif ini adalah Sinar Mas, Agung Sedayu Group, Astra International, Djarum Foundation, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Barito Pacific Tbk, PT. Intisumber Bajasakti, First Resources Ltd., Putra Sampoerna Foundation, Sampoerna Agro, Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, Gan Konsulindo, PT. Garudafood Putra Putri Jaya Tbk., PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk., PT. Samudera Marine Indonesia, Permata Hijau Group, dan PT. Japfa Comfeed Indonesia TBK.

Dukungan pun datang tidak hanya dari dalam negeri, wujud kepedulian juga hadir dari jaringan Tzu Chi International. Yayasan Buddha Tzu Chi Taiwan turut mendukung inisiatif ini dengan menyerahkan 1.000 ton beras. Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Franky Oesman Widjaja menyampaikan dalam kondisi pandemi saat ini dibutuhkan kesatuan hati dan gotong royong dari semua pihak.

“Selaras dengan apa yang disampaikan Master Cheng Yen bahwa masalah di dunia tidak dapat diselesaikan oleh satu orang saja. Dibutuhkan uluran tangan dan kekuatan banyak orang untuk dapat menyelesaikannya. Kami mengajak semua elemen bangsa untuk bersatu membantu saudara kita dan berdoa agar dunia terbebas bencana,” kata Franky Oesman Widjaja.

Sumber:

https://www.beritasatu.com/photo/62145/selalu-peduli-sesama-pengusaha-peduli-nkri-kembali-galang-donasi

http://www.tzuchi.or.id/read-berita/tzu-chi-dan-pengusaha-peduli-nkri-menyalurkan-bantuan-ppkm-darurat-bagi-7-juta-keluarga/9609

https://www.kompas.tv/article/195562/pengusaha-peduli-nkri-inisiatif-bersama-dalam-penanganan-pandemi-di-indonesia

Foto oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia