covid19filantropi.id

Potret Kemitraan Atasi Wabah COVID-19, Mengintip Tanzania

FCS telah berada di garis depan dan memainkan peran yang sangat dibutuhkan. Tak hanya meningkatkan kesadaran, tetapi juga memberikan dukungan material. Apa lagi?

Di Tanzania, Foundation for Civil Society atau FCS telah memimpin respon terhadap COVID-19 di negara tersebut. Ada berbagai cara yang dilakukan oleh organisasi yang melibatkan masyarakat sipil tersebut. Termasuk mengalokasikan dana, mempelopori penggalangan dana lebih lanjut, dan mengorganisir kampanye untuk menyediakan peralatan pelindung bagi petugas kesehatan.

Menurut Jaringan Filantropi Afrika (APN), FCS telah berada di garis depan dan memainkan peran yang sangat dibutuhkan. Tak hanya meningkatkan kesadaran, tetapi juga memberikan dukungan material yang diperlukan, sehingga populasi yang terpinggirkan dan rentan aman dari pandemi.

Sejauh ini, FCS telah menggalang TZS 1,5 miliar (sekitar USD $ 650.000) untuk menghadapi COVID-19. Yaitu dengan mengalokasikan kembali 20 persen dari anggaran proyek penerima hibah tahun 2020. Dana yang dialokasikan kembali untuk mendukung berbagai kelompok rentan dan terpinggirkan, termasuk penyandang disabilitas, perempuan, anak-anak, lansia, penggembala, komunitas pemburu-pengumpul, dan pengusaha kecil.

FCS juga bermitra dengan berbagai CSO di Tanzania dalam mengumpulkan dana untuk bantuan COVID. Dalam hal ini, FCS telah menyumbangkan TZS 79 juta (sekitar USD $ 34.000) ke National Relief Fund. FCS juga menjalankan kampanye mendukung penggalangan dana untuk alat pelindung diri (APD) bagi petugas kesehatan, yang hasilnya disumbangkan ke Asosiasi Medis Tanzania.

Meskipun secara resmi Tanzania belum melaporkan kasus COVID-19 baru dalam hampir tiga bulan, banyak yang khawatir kurangnya transparansi menutupi masalah kritis yang mungkin ada. Terutama karena jumlah kasus COVID-19 di Benua Afrika melampaui angka satu juta pada minggu pertama Agustus ini.

Dalam konteks tersebut, pekerjaan FCS menjadi lebih kritis. ‘Sepanjang masa-masa sulit ini, jika ada satu hal yang menonjol, itu adalah peran kemitraan dalam melindungi kesejahteraan masyarakat, dan ekonomi tempat mereka bergantung untuk berkembang,’ tulis Jaringan Filantropi Afrika tentang kiprah FCS dalam melawan pandemi COVID-19.

Sumber:

Image by Michelle Maria from Pixabay