covid19filantropi.id

Solidaritas ASEAN Bantu Kenya Hadapi COVID-19

Meski masih ada yang masuk kategori negara miskin dan sama-sama kerepotan menghadapi pandemi COVID-19 di wilayah masing-masing, negara-negara ASEAN berkomitmen memberi bantuan pada Kenya sebagai tanda solidaritas.

Sejak merebaknya pandemi COVID-19, negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, banyak menerima bantuan internasional.

Indonesia sendiri, sampai 26 Mei 2020 tercatat telah menerima bantuan dari luar negeri senilai US$100 juta untuk menangani pandemi COVID-19, sebagian berasal dari 11 pemerintah negara asing.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, kerja sama dan solidaritas untuk saling membantu antar negara memang merupakan hal penting untuk memelihara  semangat kemanusiaan, agar semua orang di dunia dapat bertahan menghadapi serbuan virus ini. 

Seperti dikatakan oleh Plt. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah pada konferensi pers virtual pada 20 Mei lalu, ada beberapa negara yang mengharapkan bantuan dari negara-negara ASEAN untuk menanggulangi COVID-19. Namun saat itu tidak disebutkan negara mana saja yang dimaksud.

Meskipun beberapa negara ASEAN masih tergolong miskin dan juga sedang kerepotan menghadapi pandemi COVID-19, semangat untuk saling membantu sesama tetap berkobar. Apalagi banyak survei menunjukkan bahwa penduduk negara-negara ASEAN termasuk yang paling charitable atau suka beramal di seluruh dunia

Baru pada 9 Mei 2020 lalu negara-negara ASEAN menunjukkan komitmen nyata untuk membantu sesama, yaitu dengan memberi bantuan bagi Kenya.

Seperti diketahui, Kenya tercatat sebagai salah satu negara di Afrika dengan angka kasus positif COVID-19 tertinggi.  Mengutip situs kesehatan pemerintah Kenya, www.health.go.ke, per tanggal 19 Juli 2020 negara ini mencatat rekor tertinggi penambahan kasus positif dalam 24 jam, yaitu 688 dari 4.522 orang yang dites. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat.

Saat ini kasus positif COVID-19 di Kenya mencapai 12.750 dari 238.163 kumulasi tes yang telah dilakukan. Padahal penduduk Kenya hanya berjumlah 51,38 juta orang (2018). 

Nairobi dan Mombasa merupakan daerah yang terkena dampak paling parah. Pemerintah Kenya telah berupaya keras menghambat laju penularan virus, antara lain dengan melakukan pembatasan sosial dan tes massal. Namun demikian, Kenya masih dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti terbatasnya fasilitas kesehatan di beberapa daerah dan perlambatan ekonomi yang cukup mengkhawatirkan.

Duta Besar Indonesia untuk Kenya, Soehardjono Sastromihardjo, ditunjuk untuk menyerahkan bantuan dari negara-negara ASEAN. Penyerahan bantuan ini berlangsung di Nairobi, ibu kota Kenya.

Nilai bantuan dari negara-negara ASEAN mencapai Ksh 280.000 (atau setara kurang lebih US$ 2.700). Bantuan diserahkan pada pemerintah Kenya untuk menangani COVID-19.

“Kami merasa bahwa ini saat yang tepat untuk mendonasikan berapa pun dana yang kita miliki untuk membantu Pemerintah Kenya,” ujar Dubes Soehardjono. Dana yang berhasil terkumpul saat penyelenggaraan ASEAN Festival yang dilaksanakan tahun 2019 lalu sepenuhnya disumbangkan untuk membantu Kenya menangani pandemi COVID-19 berikut . “Kami menyadari jumlah yang disumbangkan kali ini tidak terlalu besar, namun semangat solidaritas merupakan hal yang lebih penting,” ia menambahkan.

“Jika (donasi tersebut) datang dari hati, maka itu akan sangat berarti bagi kami,” sambut Direktur Asia, Australia-Asia, dan Kepulauan Pasifik – Kementerian Luar Negeri Kenya, Lindsay Kiptiness.

Bantuan tersebut merupakan wujud dari komitmen yang disampaikan oleh Dubes RI di Kenya selaku Acting Chair ASEAN Nairobi Committee melalui video conference antara Menlu Kenya, Raychelle Omamo dan kepala perwakilan negara-negara Asia-Pasifik di Kenya pada April lalu. 

Dengan adanya bantuan tersebut, Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya berharap dapat membantu Kenya lebih banyak lagi di masa datang untuk menghadapi pandemi COVID-19. “Agar kita semua, atas nama kemanusiaan, dapat melewati pandemi ini bersama-sama,” kata Dubes Soehardjono.

Sumber:

https://kemlu.go.id/portal/id/read/1369/berita/buktikan-komitmennya-asean-serahkan-bantuan-bagi-kenya-untuk-menghadapi-covid-19

https://www.suara.com/news/2020/05/20/151317/negara-negara-luar-harapkan-bantuan-covid-19-dari-indonesia

https://www.health.go.ke/kenya-records-the-highest-number-of-covid-19-cases-in-a-day-embu-july-18-2020/

Foto oleh Thuận Tiện Nguyễn dari Pixabay