covid19filantropi.id

Solusi Baru Galang Dana di Masa Pandemi COVID-19

Dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19, organisasi nirlaba dituntut untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satu yang dilakukan adalah mengoptimalkan penggunaan platform digital dalam penggalangan dana publik seperti landing page dan e-mail. Namun realitanya, kedua cara tersebut kurang efektif karena tidak memberikan kesempatan bagi donatur untuk berkontribusi lebih selain transaksi. Ada satu metode fundraising terbaik lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi nirlaba, yaitu peer-to-peer (P2P) fundraising.

P2P fundraising merupakan strategi penggalangan dana secara daring yang memberdayakan individu atau donatur atas nama dan tujuan organisasi. Pada dasarnya, organisasi membangun fundraiser army baru. Alih-alih memiliki satu landing page kampanye pusat atas nama organisasi, sistem P2P memungkinkan pasukan ini memiliki landing page masing-masing. Nantinya, mereka dapat membagikan halaman tersebut ke kolega, keluarga, teman, atau komunitas.

Untuk memulai, organisasi nirlaba dapat memulai dengan menetapkan tujuan dari penggalangan dana. Diikuti oleh penentuan perangkat yang dibutuhkan dan sekiranya ideal serta mudah untuk digunakan oleh pada donatur. Pada dasarnya, organisasi nirlaba membangun fundraiser army baru. Donatur sebagai jendral akan menyebarluaskan kampanye tersebut atas namanya yang berdampak baik pada terkumpulnya donasi tambahan. Adapun dana yang masuk nantinya akan langsung diarahkan ke rekening organisasi.

Candid.learning memberikan beberapa tip dan trik agar metode ini dapat berjalan efektif dan efisien, yaitu gunakan platform penggalangan dana atau platform P2P yang familiar dengan pendukung organisasi, berkomunikasi secara teratur dengan fundraiser army, persiapkan tempat virtual dimana fundraiser army dapat berkomunikasi satu sama lain, melakukan analisis data selama kampanye untuk mengukur efektivitas, dan melakukan peningkatan terhadap kampanye jika diperlukan.

Penting menjadi catatan juga bagi organisasi nirlaba untuk menyiapkan tantangan penggalangan dana. Teknik ini sangat popular dan efektif karena melibatkan fundraiser army dan pendukung lainnya dengan cara yang menarik dan menyenangka. Ada dua tantangan yang dapat disiapkan yaitu tantangan fisik dan tantangan non-fisik.

Tantangan fisik dapat dilakukan dengan cara lari, memasak, berjalan, atau meminta dukungan secara offline dari orang yang mereka kenal. Sedangkan tantangan non-fisik biasanya dilakukan dengan meminta pendukung merubah penampilannya dengan cara yang menyenangkan. Dengan menggunakan teknik ini, fundraiser army dan pendukung lainnya merasa menjadi bagian dari upaya kolektif dalam membantu organisasi.

Dari metode ini, baik organisasi nirlaba dan donatur saling menguntungkan. Dari sisi organisasi, dana yang dibutuhkan untuk menjalankan programnya terkumpulkan serta memperluas jangkauan organisasi dalam menumbuhkan basis dukungannya. Sedangkan dari sisi donatur, kesempatan baik untuk menjadi lebih berpengaruh terhadap isu-isu yang dipedulikan.

Sumber:

https://learning.candid.org/resources/blog/how-peer-to-peer-fundraising-can-help-nonprofits-during-covid-19/

https://topnonprofits.com/a-solution-for-fundraisers-during-covid-19-how-peer-to-peer-fundraising-can-help-nonprofits/

https://blog.donately.com/peer-to-peer-fundraising/

Foto: Candid.org