Home » Tabel Perkalian 1 Sampai 10 Mudah Lengkap dengan Gambar

Tabel Perkalian 1 Sampai 10 Mudah Lengkap dengan Gambar

Tabel Perkalian – Matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit. Tidak sedikit siswa yang memusuhi pelajaran tersebut. Padahal pelajaran tersebut hanya bermain dengan angka.

Jika Anda berhasil menaklukan angka-angka tersebut akan menjadi sangat menyenangkan. Ada beberapa operasi dalam matematika. Penjumlahan dan pengurangan adalah operasi yang paling dasar.

Pengembangan dari kedua operasi tersebut adalah perkalian dan pembagian. Yups, perkalian merupakan pengembangan dari penjumlahan, sedangkan pembagian merupakan pengembangan dari pengurangan.

Perkalian disebut pengembangan dari penjumlahan karena sebuah angka jika dikalikan angka tertentu maka jawabannya adalah hasil dari penjumlahan angka tersebut sebanyak sekian kali.

Perkalian 1 sampai dengan 10 sudah seharusnya dikuasai untuk lebih memudahkan belajar matematika dengan operasi lainnya yang lebih rumit. Perkalian tersebut ada yang bersifat unik, berpola, dan acak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan perkalian 1 sampai dengan perkalian 10 beserta tabel perkalian.

Tabel Perkalian 1 Sampai 10

Perkalian satu sampai 10 merupakan modal untuk dapat mengetahui perkalian dengan angka yang lebih besar. Untuk itu sudah seharusnya Anda hapal di luar kepala perkalian tersebut.

Perkalian Angka 1

Perkalian satu merupakan perkalian yang super mudah karena jawabannya adalah bilangan itu sendiri. Berapapun jika dikalikan dengan angka satu jawabannya adalah bilangan yang dikalikan etrsebut.

Berikut ini adalah table perkalian angka 1

Perkalian 1

Perkalian Angka 2

Perkalian dengan angka 2 masih termasuk mudah. Pasalnya angka yang dikalikan dengan dua sama saja dengan menjumlahkan angka tersebut sebanyak dua kali.

Berikut ini table perkalian angka 2.

Perkalian 2

Perkalian Angka 3

Perkalian dengan angka 3 artinya menjumlahkan angka tersebut tiga kali. Perkalian 3 ini tentu saja lebih sulit dibandingkan angka sebelumnya. Namun demikian jika bersunggung-sungguh tidak akan sulit untuk dihapalnya.

Jika Anda ingin menghapal perkalian 3, berikut ini adalah tabelnya.

Perkalian 3

Perkalian Angka 4

Sebagaimana  konsep sebelumnya, bahwanya perkalian 4 artinya menjumlahkan angka itu sendirio sebanyak 4 kali. Banyak orang berpendapat kalua perkalian 4 lebih mudah dibandingkan perkalian 3 dan perkalian ganjil lainnya.

Apakah menurut Anda juga demikian? Jika Anda ingin menghapalnya, simak table perkalian 4 berikut ini!

Perkalian 4

Perkalian Angka 5

Angka 5 tenu saja ;ebih besar dibandingkan angka 4 dan 3. Tetapi banyak orang beranggapan perkalian 5 lebih mudah disbanding 2 perkalian di bawahnya tersebut.

Perkalian 5 ini tergolong unik, karena jika dikalikan dengan angka ganjil maka belkangnya 5. Sementara jika angka 5 dikalikan dengan angka genap  maka jawaban terakhirnya angka 0.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah table perkalian 5.

perkalian 5

Perkalian Angka 6

Perkalian 6 berarti menjumlahkan angka tersebuts ebanyak 6 kali. Jika dihitung dan dijumlahkan secara manual akan memakan waktu lama. Untuk itu, Anda harus bisa menghapal perkalian 6 tersebut.

Perkalian 6 lebih sulit dipelajari dibandingkan dengan perkalian 5. Berikut ini adalah table perkalian 6.

Perkalian 6

Perkalian Angka 7

Sebagaimana konsep perkalian sebelumnya, mengalian angka dengan 7 berarti menjumlahkan angka tersebut sebanyak 7 kali. Untuk itu Anda harus menghapal perkalian 7 ini dengan sungguh-sungguh, karena jika dijumlahkan secara manual sebanyak 7 kali akan sulit dan lama.

Pembelajar pemula banyak yang mengalami kesulitan menghapal perkalian 7 ini dibandingkan perkalian lainnya. Berikut ini adalah table perkalian 7.

Perkalian 7

Perkalian Angka 8

Jika Anda angka yang dikalikan dengan 8 berarti menjumlahkan angka itu sendiri sebanyak 8 kali. Sama dengan perkalian 7, perkalian 8 juga termasuk sulit untuk dihafal oleh pemula.

Tetapi jika Anda sudah terbiasa dengan perkalian 8 tidak ada nada masalah kok! Perkalian 8 yang tadinya sulit bisa menjadi mudah. Bahkan Anda bisa dengan cepat mengalikan angka yang lebih besar sekalipun.

Berikut ini adalah table perkalian 8.

Perkalian 8

Perkalian Angka 9

Angka 9 jelas lebih ebsar dibandingkan angka sebelumnya. Namun sama halnya dengan perkalian 5, perkalian Sembilan ini menghasilkan jumlah yang unik sehingga mudah untuk dihafal.

Perkalian 9 angka menghasilkan sebuah pola. Satuannya semakin besar akans emakin berkurang satu dan sebaliknya puluhannya semakin besar dengan ditambah satu demi satu.

Berikut ini adalah table perkalian 9

Perkalian 9

Perkalian angka 10

Perkalian 10 ini sangat mudah karena jawabannya adalah angka tersebut ditambah angka0 di belakangnya.

Berikut ini adalah table perkalian 10.

Demikian ulasan mengenai table perkalian 1 sampai 10 yang bisa kami bagikan dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Perkalian 10

Akhir Kata