covid19filantropi.id

Tolong Menolong Siapkan Makanan Gratis Bagi Warga Isoman

Gerakan pemberian makanan gratis bagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) mengalami peningkatan di gelombang kedua. Mulai dari warga sekitar, dunia usaha, lembaga filantropi, influencer, komunitas, dll ikut ambil bagian dalam gerakan ini.

J99 Foundation dan MS Glow Clinic misalnya, memberikan bantuan paket makanan gratis bagi warga yang tengah isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar COVID-19. Bantuan diberikan di enam daerah, yakni Medan, Surabaya, Bekasi, Bandung, Sidoarjo, dan Malang.

Dalam proses pendistribusiannya, setiap kota mendapatkan 100 paket makanan per hari. Setiap paket tersebut berisi berisi makanan berat, puding, susu, dan asupan multivitamin siang malam. Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan bagi UMKM, karena paket makanan tersebut disiapkan oleh mereka.

Ketentuan persyaratan untuk menerima bantuan ini adalah menunjukkan foto bukti hasil rapid test antigent atau PCR positif, foto KTP, kemudian dikirim ke 085213530836.

Di Jakarta, seorang influencer, Imam Darto juga membuat gerakan serupa. Dia memberikan makanan untuk 10 orang yang sedang isoman selama 10 hari. Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan ini adalah masyarakat yang sudah dibantu bisa menjadi pendonor plasma darah ketika sudah sembuh. Seleksi yang diberikan kepada masyarakat isoman tergantung dari vendor makanan yang bekerja sama dengannya. 

Bagi Imam, tidakan untuk membantu tidak perlu menunggu pemerintah. “Kekuatan cinta dari sesama begitu besar, kenapa harus menunggu bantuan yang lain bila kita bisa melakukannya,” ujar Imam.

Gerakan berbagi makanan ini tidak hanya ada di kota besa saja. Salah satu perumahan di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo juga peduli dengan warga yang isoman. Ketika mengetahui ada warga yang isoman di rumah, maka akan didata.

Secara bergantian, warga akan digilir untuk mengirimkan makanan bagi warga yang menjalani isoman. Makanan ini dikirim sehari tiga kali yakni untuk makan sarapan, makan siang dan makan malam. Selain makanan dan minuman, warga juga membantu mengumpulkan donasi untuk dibelikan keperluan sehari-hari selain makanan.

Sementara itu di Surabaya, pasangan suami istri Rex Wuinarno dan Regina Glady Gledy Kaseger juga ikut ambil bagian dalam gerakan ini. Pendiri Komunitas Dapur Surabaya ini, memang telah aktif membagikan makanan untuk warga kurang mampu sebelum pandemi.

Namun saat pandemi COVID-19, mereka tetap memberikan bantuan makanan, bahkan jumlahnya lebih banyak. Bedanya, kali ini makanan juga dikirimkan untuk warga yang mejalani isoman. Dalam sehari mereka bisa mengirimkan hingga 350 paket makanan. Setiap bulannya mereka mampu menyalurkan makanan hingga 10 ribu paket.

Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Sahabat Yatim Mandiri Indonesia juga membuka pendaftaran bantuan makanan bagi mereka yang isoman.  Selama 10 hari, Satgan Laznas ini akan mengirimkan paket makanan. Program ini merupakan bagian dari Gerakkan Makkah (Makan Berkah)

Persyaratan yang dibutuhkan untuk program ini adalah bukti positif PCR, KTP, KK, serta alamat pengiriman makanan. Semua dokumen tersebut dapat dikirimkan melalui WhatsApp messager di 087846730550. Informasi lain juga dapat melalui website lembaga yaitu sedekahlagi.com atau makanberkah.com.

Sumber:

https://regional.kompas.com/read/2021/07/18/161716178/warga-isoman-di-6-daerah-ini-bisa-dapat-paket-makanan-gratis-cukup-hubungi?nomgid=1

https://www.merdeka.com/uang/influencer-ini-beri-makanan-gratis-untuk-pasien-covid-19-yang-isoman.html

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5640562/komunitas-dan-restoran-kompak-kirimkan-makanan-gratis-untuk-pasien-covid-19-yang-isoman

Foto oleh Komunitas Dapur Surabaya