Home ยป WA Web, Cara Menggunakan dan Fitur Terupdate

WA Web, Cara Menggunakan dan Fitur Terupdate

WhatsApp tidak hanya untuk ponsel. Dengan menggunakan WA Web, kamu dapat mengakses messenger obrolan di PC atau desktop komputer.

Singkatnya, WhatsApp Web pada dasarnya adalah cermin dari mitra selulernya.

WhatsApp Web merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp melalui desktop atau laptop dengan membukanya menggunakan browser atau aplikasi.

Nah , walaupun fitur-fiturnya tidak lebih lengkap dari versi mobile, web WA bisa sangat berguna ketika kamu sedang melakukan aktivitas di depan PC atau laptop.

Paling tidak, kamu bisa tetap terhubung dengan whatsapp ketika anda jauh dari hp anda dan tidak perlu bolak-balik untuk membuka hp anda untuk sekedar membalas chat ketika anda sedang sibuk di depan PC atau laptop.

Pada artikel ini, kami juga akan memberi tahu apakah kamu dapat menggunakan WhatsApp Web saat ponselmu mati atau jauh dari komputer.

Kami telah membahas daftar fitur penting yang perlu kamu ketahui untuk menguasai Web WA. Teruslah membaca saat kami memberi tahu cara menggunakan WhatsApp Web dan cara kerjanya.

Tentang WA Web

WhatsApp Web adalah versi web WhatsApp yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan dari browser komputer mereka.

WA Web adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan kontak kamu saat berada di depan komputer.

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan lintas platform yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa dikenakan biaya SMS.

WhatsApp Web memungkinkan pengguna memperluas pengalaman WhatsApp mereka ke browser komputer mereka.

Untuk menggunakan WhatsApp Web, kamu harus menginstal WhatsApp di ponsel dan masuk ke akunmu.

Setelah masuk, kamu dapat mulai menggunakan WhatsApp Web di komputermu.

Cara Menggunakan WA Web melalui Browser

Menggunakan Whatsapp Web di browser berbeda dengan menggunakan di aplikasi, kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, akses tautan WhatsApp Web di https://web.whatsapp.com di browser. Kamu dapat memilih menggunakan browser, Chrome, Microsoft, Opera, atau Mozilla Firefox.
  • Buka akun whatsappmu di ponsel android atau iOS.
  • Ketuk simbol tiga titik di kanan atas, lalu Pengaturan .
  • Tekan simbol QR Code di sebelah foto dan nama akun WA Anda.
  • Tekan opsi Pindai Kode, pindai Kode QR di layar laptop.
  • Selesai. WA Web berhasil digunakan.

Nah, itulah tadi cara menggunakan WhatsApp Web alias WA Web yang bisa kamu gunakan di PC, laptop, serta perangkat smartphone Android dan iOS. Gampang kan?

Sekarang anda bisa chat WhatsApp langsung di laptopmu, tanpa perlu bolak-balik untuk membuka hp kamu!

Fitur WA Web, Terbaru 2023

Ada fitur tertentu yang membuat klien web WhatsApp berbeda dari aplikasi seluler WhatsApp:

1. Fitur Obrolan Chat

Setelah memindai kode QR, kamu dapat melihat daftar obrolan WhatsApp Anda langsung di halaman web.

Di sebelah kiri, kamu dapat melihat obrolan dengan mengklik kontak untuk membuka obrolan dan riwayat pesan, jika kamu menyimpannya.

2. Melihat Status

Di kiri atas halaman Web, tiga ikon tersedia: Status, Obrolan baru, dan Menu, yang menawarkan daftar opsi bersarang.

Opsi Status mengungkapkan semua status yang diposting oleh kontakmu. Terdapat pula opsi untuk merespons dari area balasan di bagian bawah panel.

Mengklik Obrolan baru akan membuka daftar kontak di sisi kiri halaman. Dari sini, Anda dapat membuat grup baru atau memulai percakapan.

3. Membuat Grup Baru

Menu tarik-turun tiga titik memungkinkan kamu membuat grup baru, mengubah informasi di profil, dan mencari obrolan yang diarsipkan.

4. Melihat Pesan Berbintang

Selain itu, kamu juga dapat melihat pesan berbintang, mengubah pengaturan seperti pemberitahuan dan wallpaper obrolan, atau keluar.

5. Berbagi File

Perlu berbagi file dari komputer dengan cepat? kamu dapat dengan mudah mengirim kontak, foto, dokumen, dan file lainnya melalui WhatsApp Web.

Pilih sebanyak yang kamu inginkan dan kirimkan ke mereka dalam perjalanan. Jika Anda menerima banyak file melalui WhatsApp, perlu diingat bahwa aplikasi web tidak akan secara otomatis menyimpannya di komputer.

Kamu perlu mengunduh file yang masuk di komputer secara manual, tidak seperti Whatsapp di telepon, yang mengunduh media secara otomatis.

6. Melakukan panggilan

Meskipun WhatsApp Web tidak mengizinkan pengguna melakukan panggilan suara/video ke kontak individual seperti yang dilakukan aplikasi seluler.

Kamu masih dapat melakukan panggilan video grup di versi web melalui fitur Forum Messenger.

Setelah kamu membuat ruang panggilan, cukup bagikan tautan dengan orang yang ingin kamu undang ke obrolan video grup.

Mereka akan dapat bergabung bahkan jika mereka tidak memiliki WhatsApp atau Messenger. Ini juga tidak mengharuskan kamu atau peserta untuk masuk ke Facebook.

Penting untuk diingat bahwa Forum Messenger tidak terenkripsi secara end-to-end.

Kelebihan & Kekurangan WhatsApp Web

Sebelum masuk ke poin pembahasan utama, ketahui juga terdapat kelebihan dan kekurangan menggunakan WA Web atau WhatsApp Web.

Meski memiliki kesan praktis, layanan berbasis website juga memiliki beberapa kelebihan hingga kelemahan yang bisa kamu rasakan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Whatsapp Web.

Keuntungan dari WA Web

  • Keuntungan mengetik menggunakan keyboard , terutama dalam meminimalkan kesalahan ketik saat mengirim pesan.
  • Tidak perlu menginstal aplikasi, cukup gunakan browser seperti Google Chrome (meskipun opsi WA Web client terpisah disediakan).
  • Bekerja secara normal untuk mengirim dan menerima pesan teks, gambar, video, dokumen, dan kontak WhatsApp yang disimpan.
  • Dapat digunakan untuk mengirim stiker WhatsApp dan GIF animasi.
  • Dapat melakukan logout jarak jauh melalui aplikasi utama WhatsApp.

Kekurangan WhatsApp Web

  • Ponsel utama yang sudah terpasang WhatsApp harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Hanya dapat digunakan pada satu perangkat selain handphone utama yang sudah terpasang akun WhatsApp pribadi.
  • Tidak dapat menggunakan beberapa fitur, seperti panggilan suara dan video, mengunggah status WhatsApp, dan lokasi pengiriman.
  • Tidak dapat menggunakan lebih dari satu browser sekaligus. Jika Anda mencoba di browser lain, browser sebelumnya akan segera ditutup.
  • Tidak dapat mengubah pengaturan unduhan media, sehingga semua foto dan video yang dikirim akan diunduh secara otomatis.

Bagaimana Cara Keluar dari WA Web?

Setelah kamu selesai menggunakan WhatsApp Web, kamu mungkin ingin log out dari akun kamu. Ikuti panduan ini untuk mempelajari cara keluar dari WhatsApp Web:

  • Buka WhatsApp di perangkat seluler.
  • Ketuk Ikon Pengaturan (ikon roda gigi di sisi kanan bawah layar)
  • Ketuk WhatsApp Web/Desktop.
  • Ini akan menunjukkan semua sesi aktif di sana. Gulir dan ketuk Keluar dari semua perangkat.
  • Konfirmasikan dengan mengetuk Keluar.
  • Kamu sekarang telah keluar dari semua sesi aktif.

Atau, kamu dapat langsung keluar dari Whatsapp Web dengan mengklik ikon Menu (3 titik di sisi kiri atas layar) > Keluar.

WhatsApp Web di Mac atau Windows PC adalah solusi yang bagus untuk tetap terhubung dengan kontak WA saat berada di depan komputer. Menyiapkan WhatsApp Web itu mudah, dan layanannya gratis.

Dengan WA Web, Anda dapat mengirim dan menerima pesan, mengirimkan dan menerima file ataupun dokumen dari komputer tanpa dikenakan biaya.