covid19filantropi.id

Yayasan Bakti Barito Kawal Bantuan Oksigen dari Singapura

Meningkatnya angka kasus positif COVID-19 sejak bulan Juni lalu mengakibatkan kebutuhan oksigen naik untuk pasien naik berlipat ganda. Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono, mengatakan,” Kebutuhan oksigen harian sebelumnya mencapai sekitar 400 ton per hari. Dengan adanya peningkatan secara eksponensial pada kasus-kasus COVID-19 belakangan ini, kebutuhan oksigennya menjadi lima kali lipat”.

Akibat melambungnya kebutuhan akan oksigen, terjadi fenomena kelangkaan oksigen dimana supply tidak dapat memenuhi demand yang ada. Fenomena ini pun menarik perhatian berbagai pegiat filantropi nasional maupun internasional untuk turut membantu.

Bantuan oksigen pun datang dari Singapura. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura bersama Yayasan Temasek menggandeng Yayasan Bakti Barito dalam menyalurkan bantuannya. Yayasan Temasek mendonasikan 3.000 unit konsentrator oksigen kepada pemerintah Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat membantu Indonesia menghadapi situasi pandemi COVID-19 yang sedang meningkat.

Presiden Direktur PT Barito Pacific Tbk, Agus Salim Pangestu mengatakan, “Untuk meringankan beban masyarakat Indonesia yang saat ini sedang menghadapi peningkatan kasus positif, Yayasan Bakti Barito bekerja sama dengan Yayasan Temasek mendatangkan unit-unit konsentrator oksigen yang dapat menjadi pertolongan pertama dalam menangani pasien COVID-19. Ini adalah bentuk dari rasa persaudaraan dan simpati kami sebagai perusahaan Indonesia, karena pandemi ini hanya dapat kita lalui apabila kita saling mendukung dan membantu satu sama lain”.

“Yayasan Temasek di Singapura turut menyampaikan solidaritas mendalam kepada negara sahabat, Indonesia. Bersama dengan Yayasan Bakti Barito, kami mengirimkan unit konsentrator oksigen non-invasif berstandar medis yang dapat digunakan di rumah sakit yang menangani pasien COVID-19”, jelas Benedict Cheong, Chief Executive Temasek Foundation International.

Proses pemberian dukungan oksigen konsentrator oleh Yayasan Temasek akan dilakukan dalam dua tahap. Sebanyak 1.500 unit oksigen konsentrator telah diserahkan kepada Duta Besar Indonesia untuk Singapura, H.E Tommy Suryopratomo pada 9 juli 2021 lalu di Singapura. Sedangkan tahap kedua akan dilakukan beberapa minggu ke depan.

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-5647324/wamenkes-kebutuhan-oksigen-naik-5-kali-lipat-belakangan-ini

https://www.neraca.co.id/article/148932/kedubes-gandeng-yayasan-bakti-barito-dan-yayasan-temasek-kerja-perangi-covid-19

https://www.suara.com/health/2021/07/15/183000/kewalahan-indonesia-dapat-pasokan-konsentrator-oksigen-dari-singapura?page=all

https://barito-pacific.com/news/barito-pacific?lang=idid#inline_571

Foto oleh CHUTTERSNAP dari Unsplash